Fatimah Al Zahra, Siswi SMK NU Banat Kudus yang Miliki Clothing Brand Sendiri: Zelmira

JAKARTA–Fatimah Al Zahra masih berusia 16 tahun. Namun dia sudah memiliki clothing brand sendiri bertajuk Zelmira.
Brand itu diciptakannya ketika masih duduk di kelas XI di SMK NU Banat Kudus, Jawa Tengah. SMK itu memang dikenal sebagai salah satu sekolah fashion.

Koleksi rancangan Fatimah telah ditampilkan di catwalk Mahakarya Vokasi bertajuk Vokasiland: Road to Hakteknas 2022 pada Kamis (28/7) di Grand City Mall Surabaya. Parade busana karya anak SMK NU Banat tersebut sekaligus menjadi pembuka rangkaian acara yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Acara itu memperkenalkan karya-karya inovasi teknologi dari peserta didik vokasi hingga Minggu (31/7).

BACA JUGA: Honorer Pertanyakan Pelaksanaan PPPK 2022

Fatimah bercerita, awalnya lebih tertarik dengan dunia modeling dibanding fashion designer. Namun, karena tidak mendapat restu orang tua, Fatimah yang tinggal di Jepara akhirnya memutuskan untuk menekuni dunia fashion.

Passion-nya pada dunia fashion mulai muncul setelah dia memutuskan melanjutkan sekolah di SMK NU Banat Kudus. Ekosistem belajar diakuinya sangat mendukung.

Fatimah pun mampu mengembangkan potensinya.

“Di SMK NU Banat itu menerapkan Kurikulum Merdeka. Jadi, untuk tata busana dibagi dua, yakni kelas kreasi dan kelas produksi. Kelas kreasi ini kelas unggulan membuat desain, lalu yang mengembangkannya kelas produksi. Jadi, kita tidak hanya belajar jahit, tetapi juga diajari membuat brand, komunikasi, digital marketing, dan sebagainya,” papar Fatimah.(jawapos/ysp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.