Pemda Subang Tak Mampu Bangun Pasar Pujasera, Pedagang Inisiatif Membangun Mandiri

Pemda Tak Mampu Bangun Pasar Pujasera, Pedagang Inisiatif Membangun Mandiri
Sekretaris Koperasi Pujasera, Ketut Suharto menunjukkan progres pembangunan Pasar Pujasera. Pasar Pujasera ini dibangun di atas tanah pemda seluas 2.500 meter persegi tanpa menggunakan APBD.
0 Komentar

Dia pun tak menampik, image pasar itu kerap becek. Makanya konsep Pasar Pujasera nantinya dibuat sebaik mungkin agar tidak becek. Di area pasar akan dibangun saluran, sehingga air tidak menggenang di area pasar.

Tempat parkir Pasar Pujasera ini akan luas seperti sebelumnya, 1.000 meter persegi. Setelah pedagang yang sekarang berjualan di belakang bank bjb berpindah ke Pasar Pujasera, area itu akan dibenahi untuk difungsikan sebagai lahan parkir sekaligus difungsikan kembali terminal angkot.

“Nanti kita akan atur, kalau angkot semua masuk ya penuh. Maka nanti akan kerja sama dengan dinas perhubungan bagaimana mengatur penataan angkot,” ujarnya.

Baca Juga:Halo Agustus! favehotel Subang Hadirkan Promo Spesial Kemerdekaan, Paket Timbal Ngopat Hingga Romantic Dinner Benarkah Kunjungan Ketua PDIP Maman Yudia ke DPD PAN Subang Tanpa Direncanakan? Ini Jawaban Pengurus PAN 

Ketut mengatakan, dagangan yang dijual di Pasar Pujasera bukan basahan. Melainkan pakaian dan makanan pun terbatas. Tidak ada penjualan sayur mayor.

Salah satu pedagang pasar Pujasera yang kiosnya tahun 2012 lalu terbakar, Aas menyambut baik dibangun kembali Pasar Pujasera. Dia berharap dengan dibangunnya Pasar Pujasera bisa berdampak pada peningkatan penjualannya.

“Mudah-mudahan kaya dulu lagi, hiduplah pasarnya gitu,” ungkapnya pedagang ditemui di kiosnya.

Menurutnya, kondisi kios pasar sementara saat ini kumuh. Sehingga jarang ada yang beli. “Kalau sebelum kebakaran, Alhamdulillah,” ujarnya.

Dia pun mempertanyakan rencana pembangunan Pasar Pujasera yang kerap kali gagal. Sehingga dia bersyukur saat ini akan dibangun Pasar Pujasera meski secara mandiri.(ysp/vry)

GRAFIS

Sekilas Pasar Pujasera
– Dibangun tahun 1980 oleh Pemda Subang
– Kebakaran hebat menghanguskan 224 kios pada Februari 2012
– Masa kejayaan tahun 2000 – 2012
– Lapak pedagang korban kebakaran dipindahkan ke terminal pasar Pujasera (belakang bank bjb saat ini)

Pembangunan Ulang Pasar Pujasera
– Pedagang berinisiatif membangun pasar, sebab 10 tahun pasar tak kunjung dibangun
– Koperasi Pasar Pujaser kerja sama dengan Pemda (Pemda terima biaya sewa tanah sebesar Rp67 juta per tahun)
– Pembangunan tanpa APBD
– Berdiri di tanah pemda seluas 2.500 meter persegi
– Pembangunan mulai Juni – Oktober 2022
– Konstruksi pasar non permanen (bahan pokok rangka baja)
– Ada 142 kios yang akan dibangun
– Ukuran 3 x 4 meter (96 kios) dan 3 x 3 meter (46 kios)
– Biaya kios paling besar Rp18 juta (bagi anggota koperasi) dan non anggota koperasi Rp25 juta

0 Komentar