Wisata Sampalan Citapen Peduli Eksistensi Budaya

Wisata Sampalan Citapen Peduli Eksistensi Budaya
CINDY DESITA/PASUNDAN EKSPRES SENI BUDAYA: Kemeriahan acara Pertukaran Seni Budaya Internasional Indonesia dengan India, Senin (8/1).
0 Komentar

SUBANG – Sampalan Citapen menjadi wadah wisata edukasi yang menerapkan tiga visi yaitu wisata alam, wisata modern, dan wisata budaya. Ketiga visi tersebut bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan wisata yang ada di Sampalan Citapen, khususnya wisata budaya Kabupatan Subang.

Hal itu disampaikan H Bambang Herdadi dalam acara Pertukaran Seni Budaya Internasional Indonesia dengan India. Dia mengatakan, acara ini menjadi bagian dari mata pelajaran budaya yang selama ini dirasa tertinggal.

Biasanya pihak pendidikan hanya konsen dengan pendidikannya saja, sedangkan tidak terlalu fokus kepada budaya. Di sini Sampalan Citapen menjadi pemantapan tentang eksistensi budaya.

Baca Juga:Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Ganjal ATMPemda Upayakan Penurunan Angka Stunting, Canangkan Orang Tua Asuh

“Edukasi budaya bisa lahir dari berbagai diskursus dan edukasi sehingga ke depannya bisa berkembang sesuai dengan tantangan dan perubahan sosial. Budaya bisa berkembang karena kita sharing dengan berbagai negara dan merupakan media edukasi budaya untuk siswa yang hadir di Citapen,” ungkap Owner Sampalan Citapen, H. Bambang Herdadi, Senin (1/8).

Dalam kegiatan Pertukaran seni Budaya Internasional digelar penampilan tari rampak kendang dari SMKN Kesenian Subang, rampak tari Jaipong oleh SMPN 1 Kalijati dengan 6 penari.

Kemudian penampilan dari Indian Classical Dance oleh N. Nitya. Santoshini Vaishnavi School of Theatre Arts Visakhapatnam, Telugu Folk Dance oleh Raghupathruni Harshitha Tiina School of Theatre Arts Visakhapatnam dan masih banyak penampilan lainnya.

Tak hanya itu, ada juga pertunjukan pencak silat Peleredan Ijen Aditya Prada Putra dan Fadilah Nurrohman dari Padepokan Gending Siloka Kalijati, Subang.

Event pertukaran budaya internasional Indonesia – India bisa dibilang baru pertamakali diadakan di Sampalan Citapen Subang.
Dari mulai peserta, masyarakat, dan tamu undangan lainnya begitu antusias menyambut pertukaran budaya ini. Banyak sekali yang mengabadikan foto atau video di tempat ini, apalagi saat TNI Angkatan Udara Lanud Suryadarma Kalijati ikut memeriahkan acara dengan aksi pertunjukan penerbangan pesawat di Sampalan Citapen.(cdp/ysp)

0 Komentar