Pemadaman Kebakaran Lahan Kosong di Purwakarta Dibantu Serka Mamat Babinsa Desa Citalang dan Masyarakat Setempat

Pemadaman Kebakaran Lahan Kosong di Purwakarta Dibantu Serka Mamat Babinsa Desa Citalang dan Masyarakat Setempat
0 Komentar

PURWAKARTA-Lahan kosong yang ditumbuhi ilalang kering di wilayah Desa Citalang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, terbakar, Kamis (11/8).

Ilalang yang mudah terbakar serta hembusan angin membuat api cepat membesar dan merambat ke berbagai penjuru. Lahan kosong yang diperkirakan seluas satu hektare tersebut hampir seluruhnya terbakar.

Komandan Kodim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi melalui Danramil 1906/Sukatani, Kapten Arm Amarudin mengatakan, kejadian kebakaran lahan kosong tersebut berawal dari adanya kegiatan bakar sampah di sekitar lokasi tersebut.

Baca Juga:Direktur IPO: Ridwan Kamil ‘Power Full’ di Pilgub 2024Siti Manah, Pesilat Cantik Asal Purwakarta yang Miliki Segudang Prestasi Buktikan Kaum Hawa Mampu

“Kebakaran tersebut merupakan akibat dari kelalaian lantaran sembarang membakar sampah. Tak hanya mengakibatkan kebakaran, bahaya membakar sampah sembarangan juga mengancan kesehatan manusia. Mulai dari penyakit pernapasan dan gangguan penyakit lainnya bisa muncul akibat terkontaminasi asap pembakaran sampah,” ujar Amarudin.

Beruntung, kata dia, tidak ada korban jiwa dan materi dalam kejadian tersebut. Namun, masyarakat selalu diigatkan agar meningkatkan kewaspadaan dalam musim kemarau seperti ini.

“Kami berharap warga berhati-hati dan waspada. Kebakaran itu disebabkan karena tiga hal putung rokok yang dibuang sembarangan, pembakaran sampah warga, dan gesekan ilalang yang mengering,” ucapnya.

Amarudin menyebut, potensi kebakaran masih bisa terjadi mengingat saat ini masih musim kemarau. Dirinya pun mengimbau agar masyarakat tak membuang dan membakar sampah sembarangan.

“Jika sampah sudah di tempat pembuangan tak usah dibakar, biarkan diangkut oleh truk pengangkut sampah. Kita antisipasi terjadinya kebakaran akibat hal serupa,” katanya.(add/sep)

0 Komentar