Apa Boleh Minum Kopi Campur Soda? Begini Penjelasan Dokter

Apa Boleh Minum Kopi Campur Soda? Begini Penjelasan Dokter (foto: Eiliv-Sonas Aceron-Unsplash)
Apa Boleh Minum Kopi Campur Soda? Begini Penjelasan Dokter (foto: Eiliv-Sonas Aceron-Unsplash)
0 Komentar

KESEHATANApa Boleh Minum Kopi Campur Soda? Pertanyaan itu terkadang ditanyakan ileh penikmat kopi yang sesekali ingin mencampur kopi dengan soda.

Kopi campur soda apakah aman? Untuk hal ini kita harus telaah lebih jauh. Sebelumnya Kopi dan soda ini ngetrend di Indonesia sejak 2020 yang lalu.

Hingga saat ini pun banyak dijual soda dalam botol untuk campuran kopi

Baca Juga:Ridwan Kamil Tak Akan Sia-siakan Sisa Masa Jabatan, Infrastruktur Ini Akan DibangunCatatan Harian Dahlan Iskan: Dokumen Rahasia

Apa Boleh Minum Kopi Campur Soda? Begini Penjelasan Dokter

Seperti kita ketahui, kopi itu mengandung kafein.

Penulis Pasundan Ekspres mencoba secara langsung mengkonsumsi kopi dicampur soda, tentu ada rasa enak campuran soda yang membuat ringan ketika dalam mulut, seolah menguap.

Namun, dikhawatirkan kandungan kafein meningkat akibat dari soda yang dicampurkan tersebut, dan dikhawatirkan lagi overdosis kafein yang menyebabkan kita bisa jadi merasa haus berlebih dan beser (sering buang air kecil).

Lalu, dari keterangan dari dr. Nadia Nurotul Fuadah pada 12 Agustus 2022, dari laman Alodokter, bahwa ternyata mengkonsumsi kopi dan soda tidak selalu berbahaya, dengan syarat dikonsumsi tidak berlebih dan tidak memiliki riwayat penyakit tertentu.

Namun, dr. Nadia Nurotul Fuadah menambahkan, untuk seseorang yang sensitif, tentu hal itu harus dihindari,

Selain itu, kedua jenis minuman ini juga memiliki sifat masam. Kedua kondisi ini rentan membuat orang yang mengkonsumsinya mengalami refluks asam lambung dan beragam keluhan lain, seperti kembung, perih ulu hati, mual, muntah, kram perut, diare, jantung berdebar, gelisah, sulit tidur, dan sebagainya. Ditambah lagi, kebanyakan kopi dan minuman bersoda juga diolah dengan tambahan pemanis dan zat lain yang bernilai kalori tinggi” Jelas dr. Nadia Nurotul Fuadah.

Maka daei itu, jika ingin mengkonsumsi Kopi Dingin dicampur soda, tidaklah mengapa selagi kita tidak mempunyai penyakit tertentu dan juga dikonsumsi sesekali saja, bukan menjadi tingkat kerutinan seperti mengkonsumsi kopi pada umumnya. (Jni)

0 Komentar