Deretan Manfaat Buncis Bagi Penderita Diabetes

Deretan Manfaat Buncis Bagi Penderita Diabetes
Deretan Manfaat Buncis Bagi Penderita Diabetes
0 Komentar

Health – Penerapan pola makan yang sehat sangat penting untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal pada penderita diabetes.

Banyak makanan yang dianggap dapat menjadi obat alami diabetes, salah satunya buncis. Lalu, apakah buncis sebagai obat diabetes efektif? Simak fakta lengkapnya berikut ini.

Manfaat buncis untuk diabetes

Buncis adalah kacang-kacangan bernutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan. Bahkan, jenis kacang-kacangan ini termasuk makanan super untuk diabetes. Buncis memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, serat, protein, antioksidan, dan rendah lemak.

Berikut ini beberapa manfaat buncis untuk diabetes :

Baca Juga:Rekomendasi Makanan dan Minuman untuk Menghilangkan InsomniaTak Perlu Jajan Keluar Rumah, Begini Resep Sempol Ayam yang Enak

1. Mengelola kadar gula darah 

Buncis mempunyai indeks glikemik (GI) yang sangat rendah yang sangat dibutuhkan untuk mengelola kadar gula darah lebih baik. Dalam setengah cangkir buncis hanya memiliki skor indeks glikemik 10-40.

Makanan dengan indeks glikemik rendah akan meningkatkan gula darah secara perlahan. Hal ini dapat mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

Bukan hanya itu, buncis juga mempunyai serat tinggi dan karbohidrat kompleks yang menghambat proses pencernaan. Ini membantu menjaga kadar gula darah stabil lebih lama.

2. Meminimalisir risiko kegemukan dan komplikasi diabetes

Kegemukan adalah salah satu faktor risiko utama diabetes dan komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung dan stroke. Kandungan serat tinggi pada buncis dan kacang-kacangan akan membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah serta meminimalisir risiko kegemukan.

Bukan hanya itu, buncis juga mempunyai protein tinggi. Makanan berprotein tinggi dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi makan berlebih dan risiko obesitas.

3. Mengurangi resistensi insulin 

Buncis adalah makanan dengan kandungan serat larut air yang tinggi. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan usus, sebuah studi pada hewan menyatakan bahwa serat tinggi juga bermanfaat untuk mengurangi resistensi insulin.

Resistensi insulin adalah salah satu penyebab lonjakan gula darah pada penderita diabetes. Keadaan ini terjadi saat sel-sel di otot, lemak, dan hati tidak bisa merespons insulin dengan baik dan tidak bisa dengan mudah mengambil glukosa dari darah. (sht/yni)

0 Komentar