Enak dan Segar! Resep Membuat Yoghurt Anti Gagal

Enak dan Segar! Resep Membuat Yoghurt Anti Gagal
Enak dan Segar! Resep Membuat Yoghurt Anti Gagal
0 Komentar

Food & Traveling – Yoghurt kerap kali dijadikan sebagai makanan untuk menunjang pola hidup yang sehat. Selain rasanya yang segar, yoghurt memiliki banyak kegunaan bagi tubuh manusia diantaranya : kandungan lactobacillus, vitamin B, mineral dan juga kaya protein.

Yoghurt dapat membuat pencernaanmu lebih lancar, menjaga kesehatan kulit dan juga untuk menjaga kekebalan tubuh. Tak perlu susah untuk mencari yoghurt karena kamu dapat membuatnya dari rumah denga cara yang mudah. Berikut resep untuk membuat yoghurt yang telah dilansir dari popbela.com

Enak dan Segar! Resep Membuat Yoghurt Anti Gagal

Bahan membuat yoghurt

  • 1000 ml susu segar (whole milk atau skim milk)
  • 2 sendok makan plain yoghurt (yoghurt dengan kandungan bakteri probiotik atau bakteri yang masih hidup)
  • Toples besar dengan tutup

Cara membuat yoghurt

Baca Juga:Tanpa Oven! Begini Cara Membuat Mentai yang Lezat, Bisa Dibuat di RumahPemkab Dorong Peningkatan Kapasitas Kades, Anggaran Desa untuk Kebutuhan Masyarakat

  1. Masukan susu yang sudah disediakan ke dalam panci dan panaskan dengan api kecil sambil aduk perlahan. Sebelum mendidih (kurang lebih selama 30 menit dipanaskan), angkat susu dan dinginkan sampai suhu 43 derajat celcius.
  2. Ambil satu cangkir susu dan tambahkan plain yoghurt. Aduk sampai yoghurt tercampur rata dalam susu. Lalu, tuang campuran yogurt tersebut ke susu dalam panci dan aduk rata.
  3. Selanjutnya, pindahkan susu ke dalam toples dan tutup rapat. Inilah yang disebut proses fermentasi, diamkan yogurt pada suhu 38 derajat celcius selama setidaknya tujuh jam. Setelah itu dinginkan supaya yoghurt lebih awet.
  4. Kalau kamu tidak suka dengan plain yoghurt, sebelum mengonsumsinya bisa ditambahkan madu, perisa vanila, stroberi, atau yang lainnya dan juga bisa ditambah pula potongan buah-buahan segar di atasnya.

Tips membuat yoghurt

  1. Pastikan proses fermentasi yoghurt memakai wadah kedap udara. Sebab, wadah yang tertutup rapat akan melancarkan proses fermentasi.
  2. Saat membeli yoghurt plain, lihat dulu masa kadaluarsanya. Jika sudah expired, maka proses pembuatan yoghurtmu tidak akan berhasil.
  3. Saat memasukkan susu ke dalam toples, pastikan susu masih dalam keadaan hangat. Tidak terlalu dingin atau terlalu panas.
  4. Panaskan susu dengan suhu sekitar 70-80 derajat celcius atau sampai panas tapi tidak mendidih, yaitu selama 15-30 menit. Tujuannya adalah agar bakteri dalam susu bisa mati tanpa merusak gizi dalam susu tersebut. Aduk terus susu selama pemanasan agar tidak menggumpal di bagian dasar panci.
  5. Pastikan perbandingan susu dan plain yoghurt tepat. Kalau hasil akhirnya terlalu kental, itu artinya plain yogurtmu terlalu banyak dan sebaliknya. Pastikan yoghurt sebesar 5-10% dari jumlah susu.
0 Komentar