Nikmatnya Ayam D’bubuy Ma’ Atik, Kuliner Olahan Khas Sunda yang Dimasak Dalam Sekam

Ayam D'bubuy Ma' Atik
0 Komentar

Tatar Sunda memang dikenal dengan berbagai warisan kuliner leluhur yang khas, termasuk olahan ayam. Sebut saja ayam goreng, ayam bakar, bakak ayam, dan olahan ayam lainnya. Tetapi pernahkah mendengar istilah bubuy hayam?

CINDY DESITA, Subang

Bubuy hayam atau bubuy ayam, merupakan olahan daging ayam yang masak di dalam sekam atau bara. Selain teknik memaskanya menggunakan cara tradisinal, kunci dari citarasa bubuy ayam ini juga terdapat dari rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, sereh, dan rempah-rempah lainnya.

Subang, mungkin satu-satunya tempat di mana olahan bubuy ayam ini dapat dicicipi. Reynard Smara Maharddikha atau biasa disapa Eeng adalah sosok dibelakang kuliner rumaham ini. Eeng mencoba membangkitkan kuliner tradisional yaitu bubuy ayam khas buatannya yang diberi nama D’bubuy Ma’ Atik.

Baca Juga:Tunjangan Profesi Guru Dihapus , Ini Sikap PGRI KarawangSri Rahayu Dapat Rekomendasi PAW Gantikan Tatang Kusnandar di DPRD Subang

“Pada April 2014 saya udah mulai jualan. Berawal dari ide dan teringat mamah saya dulu, pernah memasak ikan mas yang dibawa bapa dari hasil mancing, lalu dimaska dengan cara di bubuy. Dinamakan D’bubuy Ma’ Atik itu karena pembuatan hidangan makanannya mengacu ke proses yaitu di bubuy. Kalau Ma’ Atik itu nama mamah saya,” ujar owner D’bubuy Ma’ Atik, Eeng.

Bubuy itu, Eeng menjelaskan, suatu proses memasak zaman dulu. “Kalau memasak pepes itu, dipendam di bekas perapian. Kan ada debu-debu yang masih panas, nah itu dimasukan ke dalammnya. Itu namanya dibubuy. Jadi, dibubuy tuh proses memasak yang dipendam di bara sekam. Kalau di sini kan pakenya debu sekam, kalau dulu mah bekas perapian yang ditungku-tungku ada yang debu-debu bekas kayu,” jelasnya.

Memasak Ayam D’bubuy Ma’ Atik, Eeng menjelaskan, siapkan bara sekam dulu. Kalau bumbu, semuanya itukan pengolahannya masih dengan cara tradisional masih ditumbuk. “Bumbu dibalurkan ke ayam, terus dibungkus daun pisang kemudian dibubuy 6 sampai 7 jam,” terangnya.

Olahan D’bubuy Ma’ Atik, dominan ayam kampung, tetapi tak hanya ayam kampung. D’bubuy Ma’ Atik juga menyediakan juga olahan bubuy bebek, dan ikan mas. “Jika ingin mencicipi olahan bebek dan ikan mas pembeli harus memesan terlebih dahulu dari jauh hari,” katanya.

0 Komentar