Deretan Manfaat Beras Kencur Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Deretan Manfaat Beras Kencur Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Deretan Manfaat Beras Kencur Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
0 Komentar

Health – Jamu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat indonesia. Dari banyaknya jamu yang ada yang cukup terkenal adalah beras kencur. Dari berbagai informasi yang di dapat konon beras kencur memiliki banyak sekali manfaat khususnya untuk kesehatan.

Meski bernama beras kencur, minuman tersebut ternyata dibuat dari perpaduan macam-macam bahan. Jamu manis dengan wangi herbal yang kuat ini diolah dari beras putih, kencur, asam jawa, dan daun pandan.

Semua campuran bahan tersebut tidak hanya meningkatkan cita rasanya, namun juga manfaatnya. Berikut beberapa manfaat jamu beras kencur yang telah dilansir dari hallosehat.com

Deretan Manfaat Beras Kencur Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Menjaga kestabilan gula darah normal

Baca Juga:Polsub Resmi Miliki Prodi Sarjana Terapan, Program Teknologi Produksi Tanaman PanganHonorer Minta Pemerintah Tidak Perlambat Pengangkatan PPPK

Penelitian dari departemen farmasi Universitas Tanjungpura memberikan informasi bahwa beras kencur dapat menurunkan kadar glukosa darah dan mempertahankannya tetap normal. Bahkan setelah kamu berhenti minum jamu.

Manfaat jamu beras kencur satu ini tentu menjadi kabar baik bagi para penderita diabetes yang kesulitan untuk menurunkan kadar gula darahnya.

Mengatasi diare

Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan bahwa kencur dapat membantu meredakan gejala diare karena kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang banyak.

Studi itu memperlihatkan gejala diare pada hewan yang diobati oleh ekstrak kencur mengalami perkembangan yang baik, sedangkan kelompok lain tidak memperlihatkan hasil yag sama. Kelompok hewan yang tidak mendapatkan ekstrak kencur cenderung bergejala diare terus-menerus.

Meningkatkan nafsu makan pada anak

Bila si buah hati sedang mengalami sulit makan kamu dapat bisa memberinya segelas jamu beras kencur hangat atau dingin.

Menurut penelitian mengenai manfaat jamu beras kencur yang satu ini masih sedikit. Akhirnya, diperlukan penelitian lain untuk mengonfirmasi apakah jamu beras kencur benar-benar efektif untuk menaikkan nafsu makan. (yni)

 

0 Komentar