Tulisan Ayat Kursi Arab dan Latin, Lengkap dengan Keutamaannya

Tulisan Ayat Kursi Arab dan Latin, Lengkap dengan Keutamaannya
Tulisan Ayat Kursi Arab dan Latin, Lengkap dengan Keutamaannya
0 Komentar

Ayat yang paling agung

“Dari Ubay bin Ka’ab Radhiallahu Anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bertanya ‘Wahai Abul Mundzir, tahukah kamu ayat yang paling agung dalam kitab Allah menurut pandanganmu?” Ubay menjawab “Allah dan Rasul-Nya yang paling mengetahui.” Beliau Shallallahu Alaihi Wasallam bertanya kembali “‘Wahai Abul Mundzir, tahukah kamu ayat yang paling agung dalam kitab Allah menurut pandanganmu?” Ubay menjawab “Allaahu Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyuul Qayyuum.” Ubay berkata “Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memukul dadaku dan berkata ‘Demi Allah, Sungguh engkau telah dianugerahi ilmu wahai Abul Mundzir.” (Diriwayatkan oleh Muslim [810]).

Di dalam hadits tersebut terlihat jelas salah satu keutamaannya yaitu sebagai ayat yang paling agung dalam Al-Qur’an. Maka dari itu, sudah sepatutnya bagi setiap muslim untuk kerap kali membacanya.

Tidak ada penghalang menuju surga

Keutamaan lainnya yang juga dimilikinya disebutkan dalam sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di bawah ini:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ إِلَّا أَنْ يَمُوتَ

Baca Juga:Deretan Cat Rumah Minimalis, Bikin Rumah Terlihat Menawan!Kenaikan Tarif Sesuai Jarak Tempuh, Dishub Karawang Sepakati Usulan Korlap Supir Angkot

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi di belakang setiap sholat wajib, maka tidak ada yang menghalanginya dari masuk surga kecuali kematian.” (Diriwayatkan oleh An-Nasai dalam Amalul Yaum wal Lailah [100], Ad-Daraquthny dalam Al-Afraad [4529], dan selain keduanya.)

Terkait keutamaan di atas, para ulama mengatakan bahwa disunnahkan setelah selesai mengerjakan sholat, selepas membaca tasbih dan tahlil, untuk membaca ayat yang agung ini. Diharapkan dengan keutamaan tersebut seseorang akan masuk ke dalam surga jika istiqomah di atas agamanya.

Harus digaris bawahi bahwa seseorang tidak akan tiba-tiba masuk surga setelah membaca ayat kursi.

Keutamaan yang disebutkan di atas hanya bisa didapatkan jika dia istiqomah di atas agamanya, menjalankan aturan syariat, melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya dan menjauhi larangan Allah dan Rasul-Nya, lalu istiqomah di dalam membaca ayat ini setiap selesai melaksanakan sholat.

Dijaga dari godaan setan sampai pagi hari

Di dalam sebuah hadis diriwayatkan bahwa mukmin yang membaca ayat yang agung ini sebelum tidur, maka ia akan peroleh penjagaan dari godaan setan sampai pagi.

“… bila engkau akan beranjak ke tempat tidurmu maka bacakah ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum’. Karena sesungguhnya ia (dapat menjadikanmu) senantiasa mendapatkan penjagaan dari Allah dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari.” (HR. Bukhari)

0 Komentar