Kenapa Tidak Bisa Khusyu dalam Sholat? Ketahui Cara Ini Agar Shalat Khusyu dan Fikiran Tidak Kemana-mana

Kenapa Tidak Bisa Khusyu dalam Sholat? Ketahui Cara Ini Agar Shalat Khusyu dan Fikiran Tidak Kemana-mana (ilustrasi beribadah di Mesjid, via Unsplash/Rumman Amin)
Kenapa Tidak Bisa Khusyu dalam Sholat? Ketahui Cara Ini Agar Shalat Khusyu dan Fikiran Tidak Kemana-mana (ilustrasi beribadah di Mesjid, via Unsplash/Rumman Amin)
0 Komentar

2. Mendadak Teringat Hal yang Sebelumnya Lupa

Cara Jin Khanzab mengganggu manusia saat Shalat, salah satunya membuat manusia memikirkan beragam hal saat melaksanakan Shalat.

3. Merasa Ingin buang air kecil atau Merasa Buang Angin

Disadari atau tidak, rasa ingin buang air atau buang angin saat sedang Shalat adalah hal yang kadangkala muncul.

Hadit’s yang dibawakan oleh Ibnu Hajar Al Asqolani saat membahas pembatal wudhu dalam kitab beliau Bulughul Marom (hadits no. 71),

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رضي الله عنه – قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – إِذَا وَجَدَ أَحَدُكُمْ فِي بَطْنِهِ شَيْئًا, فَأَشْكَلَ عَلَيْهِ: أَخَرَجَ مِنْهُ شَيْءٌ, أَمْ لَا? فَلَا يَخْرُجَنَّ مِنْ اَلْمَسْجِدِ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا, أَوْ يَجِدَ رِيحًا – أَخْرَجَهُ مُسْلِم

Baca Juga:Doa Hari Jumat Penuh Berkah Dalam Islam yang Dibaca Rasulullah SAW, Sangat Dianjurkan!Catatan Harian Dahlan Iskan: Partai Amplop

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian mendapati ada terasa sesuatu di perutnya, lalu ia ragu-ragu apakah keluar sesuatu ataukah tidak, maka janganlah ia keluar dari masjid hingga ia mendengar suara atau mendapati bau.” (H.R. AL-Muslim no. 362).

Lalu, Hadit’s dari ‘Abdullah bin Zaid radhiyallahu anhu bahwa ia pernah mengadukan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai seseorang yang biasa merasakan sesuatu dalam shalatnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda,

لاَ يَنْصَرِفْ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا

Janganlah berpaling hingga ia mendengar suara atau mendapati bau.” (H.R. Al-Bukhari no. 177 dan Muslim no. 361).

4. Tidak Konsentrasi Saat Shalat

Jin khanzab paling sering mengganggu kita agar tidak konsentrasi dan tidak fokus saat Shalat. Sebaiknya kita memohon perlindungan Allah agar shalat tetap khusyu.

5. Tergesak – Gesak (Tidak Tuma’ninah)

Rukun shalat salah satunya adalah tuma’ninah. Tuma’ninah dalam arti adalah berhenti sesaat sebelum melanjutkan ke gerakan shalat berikutnya,

Musnad Imam Ahmad dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda,

أَسْوَأُ النَّاسِ سَرِقَةً الَّذِي يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ، قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَكَيْفَ يَسْرِقُ مِنْ صَلاَتِهِ؟ قَالَ: لاَ يُتِمُّ رُكُوْعُهَا وَلاَ سُجُوْدُهَا.

Sejahat-jahat pencuri adalah yang mencuri dari shalatnya”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mencuri dari sholat?”. Rasulullah berkata, “Dia tidak sempurnakan ruku dan sujudnya” (H.R Ahmad no.11532, dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahihul Jami’ 986)

Rasulullah SAW mengibaratkan seorang mukmin yang mengabaikan tuma’ninah dalam shalat dianggap sebagai ‘pencuri’ shalat. Maksud ‘pencuri’ shalat itu ialah shalat tidak sempurna dan tidak menyempurnakan ruku’ dan sujudnya dengan benar ketika shalat.

Baca Juga:Resmi Dibuka, Masjid 99 Kubah di Makassar Karya Ridwan KamilSifat yang Diturunkan Orang Tua ke Anak, Begini Sifat Anak Berdasar Gen Ayah

Agar shalat bisa khusyu, setidaknya kita berkonsentrasi dan melawan dari 5 hal yang membuat sholat tidak khusyuk seperti disebutkan di atas. Wallahu a’lam.(Jni)

0 Komentar