Cara Mengatasi Puting Lecet saat Menyusui, Bayi Baru Lahir atau Karena Digigit, Manjur!

Cara Mengatasi Puting Lecet saat Menyusui, Bayi Baru Lahir atau Karena Digigit, Manjur! (ilustrasi Busui, via Unsplash-Kevin Liang)
Cara Mengatasi Puting Lecet saat Menyusui, Bayi Baru Lahir atau Karena Digigit, Manjur! (ilustrasi Busui, via Unsplash-Kevin Liang)
0 Komentar

Agar dapat membantu meringankan puting busui yang lecet, Jeanne menyarankan ibu menyusui untuk mengikuti pola makan sehat dan seimbang.

“Dengan hidup sehat dan pola makan benar bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi jamur saat terjadi puting lecet,” paparnya.

Dirinya pun memaparkan, bahwa Busui harus memastikan menjaga pola makan sehat, seperti harus mengonsumsi buah, sayur, vitamin, juga suplemen.

Baca Juga:Siswa SD Pasawahan Kidul Purwakarta Buat Pestisida Alami, Manfaatkan Limbah Kulit BawangBaznas dan Kantor Pos Kabupaten Purwakarta Sepakati Kerjasama Program Pelayanan

Apabila puting Busui terlanjur lecet, maka para Busui dianjurkan untuk mengompres puting payudara dengan air hangat agar dapat mengurangi rasa sakit.

“Kompres pada saat sebelum menyusui dengan handuk halus yang sudah diberikan air hangat,” jelasnya.

Cara mengurangi lecet pada puting Busui yakni mengompres dengan air hangat, dan juga dapat mengoleskan pelembab alami.

Beragam bahan alami tersebut semisal, minyak zaitun, minyak kelapa, dan bisa juga tea tree oil yang memiliki manfaat untuk melembabkan area puting Busui yang lecet.

“Jangan sampai kondisi puting lecet membuat ibu kapok untuk memberikan ASI eksklusif, ya,” pungkasnya. (Jni)

0 Komentar