Kabar Baik untuk Kamu Penikmat Kerang, Ternyata ini 5 Manfaat Kerang untuk Kesehatan

Kabar Baik untuk Kamu Penikmat Kerang, Ternyata ini 5 Manfaat Kerang untuk Kesehatan
Sambal Kerang Balado. A popular dish of stir-fried oyster with chili paste from Padang, West Sumatra.
0 Komentar

Health – Kamu mungkin sudah sering menyantap makanan laut seperti udang dan cumi. Tetapi, bagaimana dengan kerang?

Perlu kamu ketahui ternyata kandungan gizi kerang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ada beberapa jenis kerang yang banyak tersedia di Indonesia. Jenis kerang yang banyak ditemui di antaranya adalah kerang dara dan kerang hijau. Keduanya sama-sama bernutrisi selama kamu memilih kerang yang segar.

Baca Juga:Warga Geruduk Pabrik Plastik, Sudah Disegel Tetap BeroperasiModel Baru Seleksi Masuk PTN, Motivasi Siswa Belajar Serius

Manfaat kerang untuk kesehatan

Kerang ternyata punya berbagai manfaat yang sayang sekali jika dilewatkan. Tertarik untuk mencoba makan kerang? Berikut ini khasiatnya.

  • Mengatasi anemia

Kerang kaya akan kandungan zat besi. Zat besi sendiri sangat penting untuk membentuk hemoglobin yaitu protein khusus yang bertugas untuk membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kamu dapat memperoleh asupan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam satu porsi kerang segar. Asam lemak omega-3 sendiri dapat menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi.

Kadar trigliserida yang tinggi memungkinkan akan mengundang berbagai masalah jantung seperti pengerasan pembuluh arteri dan serangan jantung.

Namun, disarankan untuk memakan kerang dengan porsi sewajarnya. Sebab, kerang mengandung kolesterol. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga berisiko buat kesehatan jantung Anda.

  • Membentuk dan merawat otot

Untuk kamu yang kerap mengalami nyeri otot, protein dapat mempercepat proses pemulihan otot-otot yang kaku dan nyeri.

Seperti kebanyakan makanan laut, kerang juga tinggi akan protein. Kerang bahkan menjadi sumber protein yang lebih sehat dari daging sapi atau ayam karena kandungan lemak dan kalorinya lebih rendah.

Baca Juga:PKJS UI Sebut Rata-rata Anak Jalanan Merokok Sejak SDPenyempurnaan RUU Sisdiknas Libatkan Masyarakat, Jadi Fokus Utama Pemerintah

  • Membantu menjaga sistem imun

Kerang mempunyai kandungan zinc. Mineral ini sangat penting untuk mengembangkan sel yang membentuk sistem kekebalan tubuh Anda.

Zinc dapat bertugas sebagai antioksidan yang melindungi tubuh kamu dari kerusakan akibat peradangan. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung zinc juga bisa membantu proses penyembuhan luka. (yni)

0 Komentar