AQUA Subang Inisiasi Multipihak Wujudkan Ciater Kecamatan Ramah Air Hujan

AQUA Subang Inisiasi Multipihak Wujudkan Ciater Kecamatan Ramah Air Hujan
AQUA Subang Inisiasi Multipihak Wujudkan Ciater Kecamatan Ramah Air Hujan
0 Komentar

SUBANG-PT Tirta Investama Aqua Subang bersama Javlec Indonesia, menginisiasi diskusi bersama multi pihak untuk mewujidkan Ciater sebagai kecamatan ramah air hujan.

Kegiatan diskusi ini dihadiri berbagai unsur mulai dari unsur pemerintahan antara lain Dinas Lingkungan Hidup Subang, BPBD Subang, Setda Subang bagian Pengelolaan Sumber Daya Alam, perwakilan 7 desa dari Kecamatan Ciater, PTPN VIII Tambaksari, PT Tirta Investama Aqua Subang, PT Sinkona Indonesia Lestari, Sari Ater, dan D Castello sebagai perwakilan dari perusahaan di Kecamatan Ciater.

Kecamatan Ciater merupakan salah satu kecamatan yang berlokasi di Subang bagian Selatan dengan luas wilayah 47,18km2. Terdiri dari 7 desa yaitu Desa Ciater, Cisaat, Palasari, Nagrak, Cibeusi, Cibitung dan Sanca.

Baca Juga:Ridwan Kamil Pastikan Jabar akan Jadi Percontohan Mobil ListrikInpres Kendaraan Listrik untuk Mobil Dinas, Ridwan Kamil: Jawa Barat Sudah Duluan

Mayoritas wilayah di Kecamatan Ciater berada di ketinggian 800-1500 mdpl dengan rata-rata curah hujan per tahun lebih dari 2.500ml.

Kepala Pabrik Aqua Subang, Dwi Nofriyadi mengungkapkan, dalam kegiatan operasionalnya, Aqua memiliki komitmen ganda untuk menjaga keseimbangan keberlanjutan bisnis dan perkembangan lingkungan sosial masyarakat.

Sebelumnya, sempat dilaksanakan kegiatan monitoring untuk mengetahui capaian-capaian Program Desa Ramah Air Hujan (DeRAH) dan sekaligus mendengarkan secara langsung dari penerima manfaat atas program.

“Kali ini, kami mengajak multipihak untuk berdiskusi menindaklanjuti monitoring dan mewujudkan Ciater sebagai Kecamatan Ramah Air Hujan,” kata Dwi.

Kecamatan Ciater memiliki jenis tanah vulkanik tipe regosol dan latosol, sehingga menjadikan Kecamatan Ciater cocok untuk budidaya tanaman hortikultura.

Potensi sumber daya alam lainnya yang dimiliki Kecamatan Ciater adalah keindahan, keasrian alam dan kesejukan udaranya.

Semakin dikenalnya Kecamatan Ciater sebagai kawasan wisata dan perkembangan penduduk yang meningkat dari tahun ke tahun.

Baca Juga:PLN Tegaskan Tidak Ada Penghapusan atau Pengalihan Pelanggan Daya 450 VACatatan Harian Dahlan Iskan: Ratu Wushu

Kebutuhan akan lokasi obyek wisata dan lahan terbangun semakin bertambah. Perubahan penggunaan lahan (land use) di daerah dengan curah hujan tinggi seperti Ciater patut diwaspadai dampaknya.

“Sebagai perusahaan, kita dapat memulai dan ikut berkontribusi menjaga daerah resapan air dengan membuat sumur resapan dan biopori, agar air hujan bisa meresap, tidak banyak yang menjadi run off dan mengurangi banjir,” papar Zaenal Abidin dari CSR PT Tirta Investama Subang.

0 Komentar