Jemaah Umrah Terancam Batal Berangkat, Stok Vaksin Meningitis Kosong

Jemaah Umrah Terancam Batal Berangkat, Stok Vaksin Meningitis Kosong
Jemaah Umrah Terancam Batal Berangkat, Stok Vaksin Meningitis Kosong
0 Komentar

KARAWANG – Stok vaksin meningitis di Karawang kosong. Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang, masih menunggu informasi dan kebijakan pemerintah pusat soal vaksin meningitis.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinkes Karawang Yayuk Sri Rahayu menyebut, ketersediaan vaksin meningitis di Karawang kosong. Termasuk juga di Jawa Barat.

“Kita kosong ya saat ini, ketersediaan vaksin meningitis,” kata Yayuk, Rabu (27/9).

Baca Juga:Mendapat Bantuan Dari KKP, Nelayan Bisa Deteksi Volume Ikan di LautDPRD Dorong BUMDes Anggarkan Bank Sampah

Yayuk mengatakan, ada delapan klinik dan rumah sakit yang biasa melayani vaksinasi meningitis bagi calon jemaah umrah. Adapun bagi calon jemaah haji diberikan oleh Dinas Kesehatan secara gratis.

“Namun sedang kosong ketersediaannya. Jadi tidak bisa melayani vaksin mengingitis di rumah sakit maupun klinik yang biasa melayani.

Di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) juga kosong,” ucap Yayuk.

Saat ini, pihaknya masih menunggu pemerintah perihal informasi dan ketersediaan vaksin meningitis. “Kita tunggu aja nanti kalau memang dari (pemerintah) ada, kemudian datang ke Jawa Barat, Karawang pasti juga akan dapat juga,” ucap dia.

Sebelumnya, Ketua DPD Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri) Jawa Barat, Bisma Banyu Setia, memperkirakan ada ribuan jemaah umrah terancam gagal berangkat akibat krisis vaksin meningitis.

Kondisi ini menjadi peringatan atau alarm untuk pemerintah. Dia juga menyebut beberapa kantor kesehatan pelabuhan (KKP) menutup sementara layanan vaksin meningitis. (aef/vry)

0 Komentar