Siswa SMAN 4 Karawang Raih Juara Olimpiade Sains, Raih Medali Emas, Perak Hingga Perunggu

Siswa SMAN 4 Karawang Raih Juara Olimpiade Sains, Raih Medali Emas, Perak Hingga Perunggu
DEDI SARTIA/PASUNDAN EKSPRES PRESTASI: Siswa XII SMA Negeri 4 Karawang Rizki Zaepani Akbar, juara pertama olimpiade.
0 Komentar

KARAWANG – Siswa XII SMA Negeri 4 Karawang Rizki Zaepani Akbar, juara pertama olimpiade untuk mata pelajaran Biologi, dengan raihan Empat medali emas, Enam perunggu dan Lima perak. Rizki juga mendapatkan juara harapan 1 tingkat provinsi.

“Saya akan mengembangkan lebih lanjut dalam bidang biologi dan fisika,” katanya.

Perjalan Rizki di dunia sains, bermula saat kecil dan pernah melakukan penelitian tentang manfaat tanaman. Salah satu tanaman yang telah diteliti yakni daun balakacida, yang dapat bermanfaat untuk penyembuhan luka.

Baca Juga:Pemdes Kawungluwuk Bangun Jalan KampungPolisi Belum Simpulkan Soal Temuan Tengkorak Manusia, Masih Mencari Identitas

Adapula tanaman pacing untuk obat mata. Ia telah mendapatkan dukungan penuh dari orangtua, bentuk dukungan berupa diberikan bahan dan alat untuk penelitian.

“Waktu kecil itu, saya sering melakukan penelitian tentang tanaman. Contohnya seperti daun balakacida yang dibuat untuk obat luka,” katanya.

Melalui penemuan baru tersebut, Rizki menghasilkan berupa campuran obat balakacida dan tanaman pacing, yang dihaluskan dengan cara diblender. Kemudian air dari campuran kedua tanaman tersebut dapat digunakan sebagai obat lambung.

Penemuan ini didapatkan sejak SMP. Selanjutnya Rizki melakukan rekayasa genetika pada tanaman bunga kertas.

“Pertama itu campuran tanaman balakcida dan pacing yang dapat diblender. Kemudian, airnya diambil dan diminum untuk obat lambung. Saya juga sudah rekayasa genetika tanaman bunga kertas. Saya tambahkan batang lain yang berbeda warna, sehingga satu tanaman bisa memiliki warna yang berbeda,” ungkapnya.

Guna mencari referensi penelitian, membutuhkan waktu selama Tiga hingga Empat hari. Selanjutnya, membutuhkan Satu minggu untuk mencari bahan dan alat. Penelitian membutuhkan waktu Satu sampai Dua bulan.(ddy/vry/ysp)

0 Komentar