Cuaca Ekstrim, Waspada Penyakit Pancaroba

Cuaca Ekstrim, Waspada Penyakit Pancaroba
0 Komentar

SUBANG-Kunjungan warga Pamanukan ke puskesmas mengalami peningkatan dalam beberapa pekan terakhir. Mayoritas mengeluhkan batuk, pilek, dan influenza.

Kepala puskesmas Pamanukan, Subang, dr. Bachtiar Rivai mengatakan, terkait penyakit-penyakit yang sering terjadi sekarang ini, sedang masa peralihan dari kemarau ke penghujan. Ada beberapa hal yang perlu diwaspadai terkait perubahan cuaca ini, karena memang akan terjadi suatu kejadian atau penyakit-penyakit yang khas yaitu influenza.

“Kalau di Puskesmas Pamanukan kasus-kasus penyakit untuk sekarang ini nomor satunya influenza, dengan persentase kenaikan di angka 70 persen,” ungkapnya.

Baca Juga:Demi Porprov, Bersatulah!Demi Selamatkan Generasi Muda, Komitmen Tolak Peredaran Obat-obatan Terlarang

Selain infulenza, dr Bachtiar memaparkan, dominasi kunjungan masyarakat ke Puskesmas Pamanukan secara umum meliputi hipertensi, dispesia, dan keluhan saluran pernapasan.

“Ada penyakit lain seperti saluran pernapasan, dispepsia, dan hipertensi dengan persentasi di angka 30 persen,” ungkapnya.

Menurutnya, memasuki musim pancaroba dengan cuaca yang tidak mementu. Kondisi kesehatan tubuh yang lemah bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit pancaroba seperti flu, batuk, influenza, diare, demam berdarah, dan penyakit lain.

Dokter Bachtiar memberikan tips menjaga kesehatan selama musim pancaroba dengan upaya meningkatkan imunitas tubuh. “Upaya internal yang harus kita jaga adalah imunitas tubuh kita dengan cara istirahat yang cukup kemudian makan yang teratur hindari stres kemudian juga makan-makanan yang bergizi agar imunitas kita meningkat,” pungkasnya.(cdp/vry)

0 Komentar