Mudah Dapatkan Data Geospasial Jawa Barat Lewat Satu Peta Jabar

Mudah Dapatkan Data Geospasial Jawa Barat Lewat Satu Peta Jabar
0 Komentar

KOTA BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sering mengatakan bahwa Pemda Provinsi Jawa Barat memiliki prinsip good decision coming from good data Artinya, kebijakan di Jawa Barat harus berdasarkan data atau data-driven.

Good data dihasilkan dari tata kelola data yang baik, sehingga Pemda Provinsi Jawa Barat punya komitmen untuk mentransformasikan tata kelola data lewat digitalisasi, termasuk tata kelola data geospasial. Komitmen ini telah diimplementasikan secara serius dan kebermanfaatannya dapat dirasakan ragam sektor di Jawa Barat.

Salah satu proses transformasi tata kelola data geospasial di Jawa Barat yaitu melalui portal Satu Peta Jabar, di mana masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan (mengunduh) data geospasial Jawa Barat dengan mudah dan cepat, dapat diakses di mana saja dan kapan saja hanya dengan satu genggaman. Sementara, pemangku kebijakan dapat memanfaatkan data geospasial untuk membantu merumuskan kebijakan yang lebih terukur.

Baca Juga:Catatan Harian Dahlan Iskan: Teddy MinahasaBerdayakan Santri Tani, Kang Uu Salurkan Bantuan 1.000 Bibit Ayam ke Pesantren

Portal Satu Peta Jabar juga merupakan bagian dari proses transparansi data dan layanan publik berbasis digital dari Pemda Provinsi Jawa Barat kepada masyarakat berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kemudian, kebermanfaatan portal Satu Peta Jabar yang dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat, yaitu di musim penghujan saat ini masyarakat dapat melihat peta risiko banjir di Jawa Barat.
Data delineasi indeks risiko banjir di Jawa Barat yang termuat dalam Satu Peta Jabar.
Lewat delineasi indeks risiko banjir di Satu Peta Jabar masyarakat dapat melihat indeks risiko banjir, warna hijau menandakan risiko rendah, kuning menandakan risiko sedang, dan merah menandakan risiko tinggi. Sehingga, masyarakat dapat menjadi lebih siap dalam menghadapi bencana alam akibat curah hujan yang tinggi. Data ini dipublikasikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, akuntabilitas data dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya, contoh kebermanfaatan dari portal Satu Peta Jabar, yaitu masyarakat dapat mencari rumah dengan lokasi yang strategis, dekat dengan sekolah, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya.
Peta sebaran sekolah dan rumah sakit di Jawa Barat dengan menggunakan fitur Poligon yang termuat dalam Satu Peta Jabar. Fitur Poligon dapat membantu pengguna dalam melihat data dengan area tertentu.

0 Komentar