Mengenal Asal-usul Garam Masala dan Deretan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Mengenal Asal-usul Garam Masala dan Deretan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Mengenal Asal-usul Garam Masala dan Deretan Manfaatnya Bagi Kesehatan
0 Komentar

Health – Garam masla merupakan gabungan rempah-rempah, terdiri dari ketumbar, jinten, cengkih, kapulaga, kayu manis, lada hitam dan pala. Kemudian dicampurkan menjadi satu, garam masala adalah bumbu masakan india.

Rempah-rempah tersebut dipanggang terlebih dahulu agar mendapatkan aroma dan cita rasa yang baik. Kemudian, rempah dihaluskan sampai menjadi butiran-butiran halus.

Tidak ada resep yang rinci dalam membuat garam masala. Bahan-bahan yang dipakai bisa saja berbeda sesuai selera pembuatnya.

Baca Juga:Cara Pemakaian Sea Salt yang Efektif, untuk Kulit Cantik MaksimalJarang Diketahui, 3 Manfaat Sea Salt untuk Kecantikan Kulit

Pada resep lain, garam masala terbuat dari kunyit, saffron, biji adas, jahe, bawang putih, adas bintang, asam, fenugreek, daun salam, atau cabai merah kering.

Berbeda dari garam dapur yang ada di rumah. Garam masala mayoritas mempunyai warna kecokelatan dengan rasa yang pedas, manis, dan hangat. Kamu dapat mencampurkannya ke dalam masakan agar terasa lebih nikmat.

Deretan Manfaat Garam Masala Bagi Kesehatan

  • Melancarkan pencernaan

Garam masala dapat melancarkan pencernaan. Bahannya yang terdiri dari rempah-rempah dapat membantu meningkatkan suhu juga metabolisme tubuh.

Hal tersebut berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah pembentukan racun dalam tubuh akibat sistem pencernaan yang tidak berjalan dengan baik.

  • Bantu atasi sembelit

Selain untuk melancarkan pencernaan, garam masala juga bermanfaat untuk meminimalisir sembelit.

Menurut sebuah penelitian kecil yang dilucurkan dalam jurnal Tropical Gastroenterology, konsumsi garam masala mengakibatkan transit feses menjadi lebih cepat pada peserta dewasa yang sehat.

Sedangkan, konsumsi makanan tanpa bumbu dihubungkan dengan kecenderungan transit feses yang lebih lambat.

Baca Juga:DPRD Kabupaten Karawang Minta Pemkab Siaga BencanaPeran Pesantren Dalam Mencerdasakan Kehidupan Bangsa

  • Mengatasi bau mulut

Adanya cengkih dan kapulaga dalam garam masala berguna untuk melawan bau mulut.

Pasalnya, cengkih mempunyai sifat antibakteri yang dapat membantu menyegarkan dan meningkatkan kesehatan mulut.

  • Mengatasi perut kembung

Garam masala juga dapat digunakan untuk mengatasi perut kembung. Hal ini berasal dari sifat karminatif yang dimilikinya untuk membantu meredakan kembung dan mual.

Bahan-bahan dalam campuran rempah tersebut juga membantu menjaga saluran pencernaan tetap sehat. (yni)

 

0 Komentar