Ketua Akselerasi Puskesmas Indonesia: Kendalikan Kesehatan Ibu dan Balita

Ketua Akselerasi Puskesmas Indonesia: Kendalikan Kesehatan Ibu dan Balita
0 Komentar

SUBANG-Peningkatan derajat kesehatan masyarakat adalah salah satu indikator tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di sebuah daerah. Semakin tinggi derajat kesehatannya maka semakin tinggi pula IPM-nya.

Pembangunan kesehatan menjadi sebuah penyeimbang IPM, selain bidang pendidikan dan ekonomi.
Oleh karena itu, dipandang perlu dalam hal ini pemerintah daerah melalui puskesmas membentuk Forum Kader Kesehatan dan KB Kabupaten Subang.

Ketua Akselerasi Puskesmas Indonesia (Apkesmi) Kabupaten Subang H Anang menyampaikan, pembentukan Forum Kader Kesehatan dan KB menjadi sebuah kebutuhan. Keberadaannya sangat dibutuhkan dalam rangka ikut mengendalikan kesehatan ibu dan anak balita.

Baca Juga:Ambu Anne: ASN yang Baik Harus AmanahKepala Sekolah SMAN 1 Serangpanjang: Majukan Wilayah Melalui Pendidikan

“Forum Kader Kesehatan dan KB ini akan menjadi wadah komunikasi kader kesehatan, saling bertukar pengalaman, saling membantu mensukseskan program pemerintah di bidang kesehatan,” kata H. Anang.

Rencananya gelaran acara pembentukan forum tersebut akan dipusatkan di Kecamatan Binong sekira tanggal 8 November 2022 mendatang. Akan dihadiri sekitar 700 kader di enam kecamatan yaitu Kecamatan Binong, Tambakdahan, Pamanukan, Legonkulon Pusakanagara dan Pusakajaya.

Selanjutnya dengan terbentuknya Forum Kader Kesehatan dan KB ini, diharapkan kinerja kader posyandu dan Pos KB desa akan lebih meningkat dan terorganisir.

Selain pengendalian kesehatan ibu hamil dan menyusui serta balita, juga pencegahan kasus stanting di desa-desa, sehingga bila ditemukan stunting maka akan cepat ditangani.

Dengan keberadaan kader posyandu akan lebih terasa di masyarakat, kehadirannya membantu masyarakat dalam hal pengetahuan kesehatan khususnya kesehatan ibu dan anak agar menjadi anak yang sehat kuat dan cerdas.(dan/ysp)

0 Komentar