Mengenal Lebih Dekat, 5 Tokoh Penting di Balik Sejarah Sumpah Pemuda

Mengenal Lebih Dekat, 5 Tokoh Penting di Balik Sejarah Sumpah Pemuda
Mengenal Lebih Dekat, 5 Tokoh Penting di Balik Sejarah Sumpah Pemuda
0 Komentar

Pendidikan – Jumat, 28 Oktober 2022 masyarakat indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94. Sumpah pemuda adalah peristiwa penting bersejarah yang kerap dirayakan setiap tanggal 28 oktober.

Sumpah Pemuda ialah momen pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh para pemuda pemudi Indonesia dengan menyatakan ikrar satu Tanah Air, satu bangsa dan satu bahasa.

Hadirnya peristiwa Sumpah Pemuda tentunya tidak luput dari tokoh-tokoh penting yang sudah berkorban dan membuat keputusan ikrar Sumpah Pemuda.

Baca Juga:Cocok untuk Caption! Kumpulan Kata-kata Sumpah Pemuda 2022Lebih Mudah dan Cepat! Download Video Tiktok Tanpa Watermark

5 Tokoh Penting di Balik Sejarah Sumpah Pemuda

Prof. Mr. Soenario Sastrowardoyo

Prof. Mr. Soenario Sastrowardoyo adalah seorang penasehat panitia Kongres Pemuda II Tahun 1928 yang melahirkan ikrar Sumpah Pemuda. Bukan hanya itu, dalam Kongres Pemuda II, Soenario juga menjadi pembicara dalam makalah “Pergerakan Pemuda dan Persatuan Indonesia.”

Soegondo Djojopoespito

Soegondo Djojopoespito juga termasuk ke dalam tokoh penting di balik tercetusnya Sumpah Pemuda. Beliau lahir pada tahun 1905, beliau juga ikut memimpin jalannya kegiatan Kongres Pemuda II di Jakarta sampai terlahirnya ikrar Sumpah Pemuda.

Djoko Marsaid 

Selama perumusan Sumpah Pemuda terselenggara, Djoko Marsaid berkedudukan sebagai wakil ketua Kongres Pemuda II. Dia  juga adalah seorang aktivitas yang merupakan ketua dari Jong Java.

M.Yamin

M Yamin lahir pada tahun 1903 di Minangkabau. Pria kelahiran 1903 ini tersohor sebagai penyair puisi gaya modern di Indonesia. Bukan hanya itu, M yamin adalah seseorang yang memberikan usulan dan mendorong agar Bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan dalam ikrar Sumpah Pemuda.

W.R Supratman 

Bukan hanya dikenal sebagai seorang wartawan, pengarang dan pencipta lagu Indonesia Raya, W.R Supratman juga termasuk dalam tokoh bersejarah di balik peristiwa Sumpah Pemuda.

Pada penutupan Kongres Pemuda II, W.R Supratman menunjukkan sebuah lagu instrumental tanpa teks dengan alat musik biola yang menjadi lagu kemerdekaan Indonesia, yaitu Indonesia Raya. (yni)

0 Komentar