Gerhana Matahari Hari Ini, Apakah Bisa Dilihat di Indonesia?

Gerhana matahari hari ini
Gerhana matahari hari ini
0 Komentar

PASUNDANEKSPRES – Gerhana Matahari hari ini akan terjadi, tepatnya pada Selasa 25 Oktober 2022. Apakah bisa dilihat di Indonesia?

Yang terjadi hari ini apakah gerhana matahari total atau sebagian?

Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas, simak jawabannya dalam artikel ini.

Melansir dari Universe Today pada Selasa, 25 Oktober 2022 akan ada fenomena luar Bulan yang menyerempet belahan bumi utara.

Baca Juga:Sejarah Sumpah Pemuda, Tonggak Utama Sejarah Pergerakan Kemerdekaan IndonesiaMotor Kawasaki Ninja Fasihin Dicuri di Pusakanagara, Lapor ke Polsek Pelaku Langsung Ditangkap

Fenomena ini akan menimbulkan Gerhana Matahari hari ini parsial yang bagus untuk Eropa dan wilayah sekitarnya.

Gerhana Matahari 25 Oktober 2022 merupakan kali keduanya di tahun 2022 dan merupakan fenomena yang terahir untuk tahun ini.

Moment langka atau fenomena Gerhana Matahari 25 Oktober 2022 ini dimulai dari Islandia pada pukul 8:58 Waktu Universal (UT) atau 15:58 WIB.

Lalu Gerhana Matahari parsial ini berakhir di atas laut Arab pada pukul 13:02 UT ( pukul 20:02 WIB) atau setelah empat jam kemunculannya.

Sementara di Indonesia sendiri Gerhana Matahari 25 Oktober 2022 tidak bisa dilihat karena tidak dilalui bayangan penumbra bulan.

Fenomena gerhana ketiga di tahun 2022 ini tidak bisa diamati dari Indonesia.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Peneliti Pusat Sains Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang.

Baca Juga:Puting Beliung Sidoarjo, Ratusan Rumah Rusak Belasan Pohon TumbangMotif Pelaku Penusukan Anak di Cimahi Dibeberkan Polisi

“Gerhana ini tidak dapat disaksikan di Indonesia karena wilayah ini tidak dilalui bayangan penumbra bulan,” papar Andi dikutip dari Kompas.com, pada Selasa (5/10/2022).

Andi menuturkan, gerhana ini hanya bisa disaksikan di sebagian besar Eropa kecuali Portugal dan Spanyol bagian barat, Aljazair bagian barat laut, Tunisia, dan Libya kecuali bagian barat daya.

Selain itu, gerhana matahari juga akan lewat di Mesir, Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Rusia bagian barat.

Adapun puncak gerhana matahari sebagian, akan berlangsung besok, 25 Oktober 2022 pukul 11.00.11 UT atau 18.00.11 WIB.

Gerhana yang bisa disaksikan dari Indonesia

Meski Andi memastikan gerhana matahari hari ini tidak melintasi wilayah Indonesia, tetapi masyarakat masih bisa mengamati gerhana matahari pada tahun depan.

Menurut Andi, 20 April 2023 mendatang akan ada gerhana matahari hibrida yang bertepatan dengan konjungsi atau ijtimak akhir Ramadhan 1444 H.

Gerhana ini akan melintasi Timor Leste, sebagian Maluku yakni Kepulauan Leti, Kepulauan Damar, Kepulauan Watubela, Papua Barat, dan Biak, Papua.

0 Komentar