Pastikan Vaksinasi PMK Terus Berjalan, Dandim 0619/Purwakarta: Jangan Takut Makan Daging

MONITORING. Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi saat melakukan monitoring vaksinasi PMK langsung ke Pasar Hewan Ciwareng. ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES
MONITORING. Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi saat melakukan monitoring vaksinasi PMK langsung ke Pasar Hewan Ciwareng. ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

PURWAKARTA-Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengimbau masyarakat jangan takut atau khawatir mengonsumsi daging. Terlebih, pihaknya telah memastikan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) untuk hewan ternak terus berjalan.

Sejak kasus PMK merebak Juli 2022 lalu, pihaknya telah menginstruksikan Babinsa untuk bersama-sama Bhabinkamtibmas turut mengawasi lalu lintas hewan ternak, terutama yang berasal dari luar Purwakarta.

Di samping itu, Kodim 0619/Purwakarta juga ikut mengawal proses vaksinasi hewan ternak, termasuk mengedukasi para peternak terkait pencegahan PMK. Bahkan, peternak juga diedukasi tentang gejala PMK yang timbul pada hewan ternak. Pun dengan alur pelaporan bilamana terjadi gejala PMK.

Baca Juga:Ridwan Kamil: Bangga Bandung Tuan Rumah Forum MPR DuniaGubernur Ridwan Kamil Beri Tugas Khusus Tiga Pejabat Tinggi Pratama yang Baru Dilantik

“Kami bertugas membantu pemerintah daerah, termasuk dalam pencegahan penyebaran PMK di Kabupaten Purwakarta. Saya dan Pak Kapolres masuk ke dalam Tim Satgas Penanganan PMK yang diketuai Sekda Purwakarta,” kata Dandim.

Senin (24/10) kemarin, pihaknya pun kembali melaksanakan monitoring ke Pasar Hewan/Pasar Ingon-ingon Ciwareng, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta.

Di sana, Dandim menggelar diskusi dengan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta Juddy Herdiana, Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Kabid Keswan) Dinas Kesehatan Teddy Sudia dan Pejabat Otoritas Veteriner (POV) Kabupaten Purwakarta drh. Wini Karmila, M.P.

“Vaksinasi masih terus berjalan. Pun halnya dengan pengawasan. Karenanya kami tegaskan kembali masyarakat jangan takut untuk mengonsumsi daging,” ujar Dandim.(add/sep)

 

0 Komentar