Perlu Partisipasi Aktif Semua Pihak, Masyarakat Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Potensi Bencana

kewaspadaan
0 Komentar

PURWAKARTA-Bersama dengan Muspika Maniis dan pihak PJB Cirata, Kepolisian Sektor Maniis, Polres Purwakarta terus memperkuat sosialisasi dalam upaya meningkatkan kewaspadaan masyarakat terkait adanya potensi bencana alam.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Maniis, IPTU Asep Nugraha mengatakan langkah sosialisasi tersebut agar masyarakat lebih mengenal kondisi alam dan lingkungannya.

“Kita sampaikan kepada warga agar tetap waspada, tetap memperhatikan gejala alam yang kemungkinan terjadinya bencana,” ujar Asep, pada Selasa (25/10).

Baca Juga:Siswa SDIT jadi Pelaksana Peringatan Maulid NabiBenny Bachtiar: Kabupaten Kota Kurang Peka terhadap Potensi Wisata Daerah

Asep mengklaim, berbagai langkah dilakukan untuk mengedukasi masyarakat. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk melakukan pencegahan atau meminimalisir dari dampak kebencanaan.

“Saat awal musim hujan seperti ini yang disertai intensitas hujan yang cukup tinggi, maka warga kami imbau agar meningkatkan kewaspadaannya terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, petir, puting beliung, dan lain-lain yang bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, pohon tumbang,” ucapnya.

Menurut Kapolsek, optimalisasi peran dan partisipasi masyarakat akan sangat membantu dalam upaya mitigasi bencana, khususnya di wilayah Kecamatan Maniis. “Sehingga, masyarakat Kecamatan Maniis dapat terlibat langsung secara aktif dalam proses antisipasi maupun penanggulangan saat bencana terjadi,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, diharapkan partisipasi aktif semua pihak, mulai dari jajaran Muspika Maniis hingga tokoh agama dan tokoh masyarakat. “Ini perlu dilakukan demi terciptanya pola koordinasi yang baik agar tercapai kesiapsiagaan dan manajemen penanggulangan bencana yang optimal di Kecamatan Maniis,” sebut Asep.

Ia mengingatkan potensi kebencanaan yang dihadapi saat ini berasal dari kejadian alam dan tidak dapat diprediksi kapan serta di mana datangnya. Oleh karena itu, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh seluruh pihak.

“Para bhabinkamtibmas Polsek Maniis akan terus melakukan sambang warga secara aktif, menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi musim hujan kali ini. Lakukan tindakan cegah dini untuk menghindari korban jiwa akibat bencana alam. Kita juga sama-sama berdo’a mudah-mudahan tidak terjadi bencana alam di Kecamatan Maniis, umumnya di Kabupaten Purwakarta,” pungkas IPTU Asep Nugraha.(mas/sep)

0 Komentar