Kadisdik: Pola Asuh Adalah Kunci Pendidikan Anak

Kadisdik: Pola Asuh Adalah Kunci Pendidikan Anak
0 Komentar

PURWAKARTA-Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) bersama Dinas Pendidikan dan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Prodi PIAUD) STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Kabupaten Purwakarta gawe bareng menggelar seminar Parenting PAUD.

Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional 2022. Adapun seminar dilaksanakan di Bale Sawala Yudhistira Pemda Purwakarta, Kamis (3/11).

Peserta seminar terdiri dari guru PAUD se-Kabupaten Purwakarta, perwakilan orang tua siswa PAUD, pengurus IGTKI, HIMPAUDI, IGRA dan Bunda PAUD tiap Kecamatan. Tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Purwakarta, Dr. H. Purwanto, M.Pd., dan Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika yang membuka acara.

Baca Juga:TNI AD Turun Gunung Tangani Stunting, Babinsa di Purwakarta Masuk DapurART Korban Penganiayaan Pasutri di Bandung Barat Alami Luka di Sekujur Tubuh

Bertindak sebagai narasumber, Mamah Asa yang merupakan perwakilan orang tua, dan Psikolog & Konselor Pendidikan Mego Husodo, SE., S.Psi., M.Fc. narasumber lainnya adalah Nadya Yulianty, S.Psi., M.Pd., Dosen Prodi PIAUD STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta.

Seminar tersebut dipandu moderator oleh Dede Supendi, M.Pd. yang menjabat sebagai Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi PGRI Kabupaten Purwakarta periode 2020-2025.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Dr. H. Purwanto dalam sambutannya mengatakan, seminar parenting ini penting untuk menumbuhkan kesadaran guru dan orang tua bahwa pola asuh adalah kunci pendidikan untuk anak-anak kita

“Dengan demikian, diharapkan tumbuh kembang anak kita berjalan dengan baik. Penting bagi kita untuk membuat lingkungan sekolah menjadi nyaman. Termasuk, lingkungan rumah kita juga. Ini upaya untuk menyadarkan orang tua kita untuk pendidikan anak-anak kita,” kata Purwanto.

Masih menurutnya, pendidikan adalah soal pola asuh anak, jika pola asuhnya baik maka karakteristik anak juga akan tercipta baik.

“Sel-sel otak anak yang berjumlah miliaran perlu mendapatkan perlakuan baik, sehingga kita guru-guru, khususnya guru pendidikan usia dini, perlu memahami bagaimana cara menstimulasi otak anak dengan hal-hal yang baik. Perlu adanya kerja sama antara orang tua, sekolah dan masyarakat dalam membentuk lingkungan yang baik,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika menyinggung soal sinergitas dan kolaborasi orang tua, guru dan lingkungan untuk bersama-sama mendidik anak.

0 Komentar