Pentingnya Personal Branding bagi Guru

opini
0 Komentar

Oleh :
1.Yulia Enshanty, S.Pd (Guru Geografi SMA di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat)
2.Drs.H.Priyono,MSi( Dosen pada Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta )

Personal branding adalah cara seseorang untuk menunjukkan dan mempromosikan citra diri sebagai individu. Setiap orang itu unik dan memiliki potensi dirinya masing-masing. Potensi diri itu apabila dikembangkan dengan baik, maka akan membentuk suatu nilai positif bagi orang yang bersangkutan. Potensi diri yang berkembang dengan baik, akan menjadi bekal dalam menghadapi dunia yang serba kompetitif, persaingan dalam berbagai hal sangat nampak. Baik dalam dunia pendidikan, pekerjaan, membangun bisnis, dan membangun jati diri dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat. Persaingan yang ketat ini tidak jarang banyak orang yang kalah karena tidak memiliki aspek spesial atau ciri khas pribadi dan aspek pemahaman spasial/keruangan, terlebih sebagai guru geografi yang sarat dengan penguasaan keruangan dalam mengkaji fenomena geosfer.

Dunia pendidikan memerlukan guru sebagai seorang pendidik yang fitrahnya mengajar dan mendidik, image baik akan selalu melekat dalam dirinya. Guru seakan-akan tidak boleh mempunyai kesalahan. Kebaikan yang dilakukan oleh seorang guru seakan adalah suatu hal yang wajar dan sudah seharusnya, namun sekali saja guru berbuat kesalahan, kesalahan dari seorang guru dapat menjadi cacat tersendiri di kalangan masyarakat. Bahkan bisa menjadikan masyarakat hilang respek ataupun kepercayaan terhadap guru. Meski hakikatnya seorang guru juga hanyalah manusia biasa yang tentu tidak luput dari kesalahan. Mengembalikan kepercayaan perlu waktu panjang maka jangan sampai membuat kesan negative pada lingkungan dimana guru berada.

Baca Juga:Mod Apk Mobile Legends 2022, Begini Cara Installnya!!Event 11.11 Game Mobile Legends 2022 Dimulai, Saatnya Panen Skin Epic Limited

Pengembangan citra positif melalui personal branding sangat penting bagi para guru. Guru harus bisa membangun citra diri yang positif dan harus mampu menggali potensi sekaligus mengembangkan kemampuannya. Personal branding akan membuat seseorang memiliki keunikan tersendiri di mata orang lain.

Personal branding bagi seorang guru dapat tercermin dari perilaku positif dalam kesehariannya. Salah satu contoh yang umum dimiliki oleh seorang guru antara lain cerdas, dapat memotivasi, menginspirasi dan bisa memberikan semangat untuk terus berprestasi, berbakat, dan tulus dalam membimbing peserta didik.

0 Komentar