Air Minum pH Tinggi untuk Apa? Berikut Manfaatnya bagi Kesehatan

Air Minum pH Tinggi untuk Apa? Berikut Manfaatnya bagi Kesehatan
Sumber Foto : Pixabay
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Air alkali atau air minum pH tinggi adalah air yang mengacu pada tingkat pH nya. Diukur seberapa asam dan basa air tersebut dari skala 0-14.

Air minum pH tinggi mempunyai tingkat pH yang lebih tinggi daripada air minum biasa. Sebagian orang meyakini  bahwa air alkali dapat menetralkan asam dalam tubuh.

Air pH tinggi mampu memperlambat proses penuaan, mengatur tingkat pH tubuh dan menolak penyakit kronis seperti kanker.

Baca Juga:5 Manfaat Air Minum Cleo Bagi Kesehatan, No 4 Baik untuk WanitaPaparan Asap Rokok Tingkatkan Risiko Stunting Pada Anak

Air minum pH tinggi mempunyai mineral alkali dan oxidation reduction potential (ORP) atau peluang reduksi oksidasi negatif. ORP adalah kemampuan air untuk bertugas sebagai pro atau antioksidan. Semakin negatif nilai ORP, semakin banyak antioksidannya.

Mengutip dari Healthline, banyak profesional kesehatan yang menyatakan bahwa sedikit penelitian yang setuju dengan klaim manfaat kesehatan dari air alkali ini.

Menurut Mayo Clinic, air biasa masih menjadi pilihan terbaik dan tidak ada bukti ilmiah yang sepenuhnya memverifikasi klaim manfaat kesehatan dari air alkali.

Tetapi, ada beberapa penelitian yang memperlihatkan bahwa air minum pH tinggi mungkin berguna bagi keadaan tertentu.

Misalnya, sebuah studi tahun 2012 berjudul Potential benefits of pH 8.8 alkaline drinking water as an adjunct in the treatment of reflux disease menemukan bahwa minum air alkali dengan pH 8,8 yang berasal dari sumur artesis berkarbonasi alami dapat membantu menonaktifkan pepsin, enzim utama yang menyebabkan refluks asam.

Studi lain berjudul preliminary observation on changes of blood pressure, blood sugar and blood lipids after using alkaline ionized drinking water.

Menunjukkan bahwa minum air terionisasi alkali mungkin memiliki manfaat bagi orang-orang dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi.

0 Komentar