Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang Perangi Stunting dengan Cara Makan Ikan

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang
SUKSES: Forikan Subang sukses menggelar lomba memasak ikan dan kreasi berbahan ikan sukses digelar di Desa Cisaat, Kamis (24/11). YUGO EROSPRI/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

SUBANG-Dalam rangka memerangi stunting, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang menggelar acara lomba memasak dan kreasi masakan berbasis ikan bertempat di Kantor Desa Cisaat Ciater, Kamis (24/11).

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Subang Hj Yoyoh Ruhimat, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Subang Rd Maman Firmansyah SSos MSi, Kepala Pengendalian dan Sumber Daya DKP dan Camat Ciater. Termasuk perwakilan dari 7 desa di Kecamatan Ciater yang mengikuti lomba di antaranya Desa Ciater, Cibeusi, Cibitung, Cisaat, Palasari, Nagrak dan Sanca.

Ketua Umum Forikan Subang Hj Yoyoh Ruhimat mengatakan, dengan adanya gelaran acara yang meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Subang secara tidak langsung akan berdampak terhadap kebiasaan pola makan ikan. Harus diakui masyarakat masih kurang dalam mengkonsumsi ikan.

Baca Juga:Desa Cibiru Wetan dan Kelurahan Bintara Sabet Juara LomdeskelJNE Peduli Bencana Cianjur Bantu Korban Gempa

Kepala DKP Kabupaten Subang Rd Maman Firmansyah SSos MSi mengatakan, Forikan merupakan suatu forum yang dibentuk dalam rangka menyinergikan pelaksanaan salah satu program nasional yaitu program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).
Forikan di Kabupaten Subang dibentuk pada 17 Oktober 2018 berdasarkan surat Keputusan Bupati Subang nomor :PT.01/KEP.514- DISKAN/ 2018 dan di kukuhkan pada tanggal 22 Maret 2021.

“Selain itu juga berperan sebagai inspirator, kreator, motivator, dan aktivator program gemar makan ikan yang mana berperan strategis dalam peningkatan konsumsi ikan nasional dan menjadikan makan ikan sebagai budaya bangsa,” jelasnya.

Forikan mempunyai tugas pokok dan fungsi mendorong peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Subang dengan uraian tugas dan tanggung jawab, seperti melaksanakan sosialisasi peningkatan konsumsi ikan, dalam rangka meningkatkan status gizi, kesehatan dan kecerdasan masyarakat.

Kemudian melakukan promosi dan publikasi, gerakan memasyarakatkan makan ikan, menjamin ketersediaan dan keamanan produk perikanan serta melaukan pembinaan tentang diversifikasi produk pengolahan hasil perikanan.

0 Komentar