Kembangkan KeRAH, Aqua Subang Inisiasi Ciptakan Desa Asri

Aqua Subang
JAGA LINGKUNGAN: Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi didampingi Kepala Pabrik Aqua Subang bersama parapihak dalam acara menanam pohon di Desa Palasari.
0 Komentar

SUBANG-Kecamatan Ciater memiliki kontribusi penting dalam menjaga kondisi lingkungan hidup di Kabupaten Subang bagian Selatan. Memiliki ketinggian lebih dari 1.000 di atas permukaan laut, menjadikan Kecamatan Ciater sebagai salah satu kecamatan tertinggi di Kabupaten Subang.

Konsekuensi dari hal ini adalah segala kegiatan terkait pengelolaan lingkungan akan berdampak pada daerah lain di bawahnya. Sebagai contoh kegiatan land clearing (pembersihan lahan), ketika musim hujan tiba maka tidak ada lagi tanaman yang menahan tanah dan batuan yang terbawa arus air, sehingga berdampak pada banjir dan sedimentasi pada daerah hilir.

Menciptakan desa-desa asri, merupakan salah satu upaya dari masyarakat Kecamatan Ciater untuk menjaga lingkungan melalui aktivitas menanam tanaman. Desa Palasari, merupakan salah satu desa yang sedang berkontribusi untuk menciptakan desa asri.

Baca Juga:Buruh Minta Kenaikan Upah Minimum Kabupaten 13 PersenRidwan Salam: Bantuan Jangan Sampai Dipotong Aparat Desa

“Penanaman yang dilakukan oleh parapihak di Desa Palasari, merupakan salah satu cara menciptakan dan menjaga lingkungan Desa Palasari agar tetap asri,” ungkap Kepala Desa Palasari, Nana H.

Wakil Bupati Subang Agus Maskur Rosyadi mengatakan, konsep desa asri sejalan dengan tujuan dari Pemerintah Kabupaten Subang untuk menjaga dan mengontrol penggunaan lahan di area Kecamatan Ciater, agar lingkungan tetap lestari dan terjaga.

Hal ini dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana mulai dari menanam dan menjaga tanaman. Wakil Bupati mengucapkan kepada semua pihak, yang telah turut serta menjaga lingkungan di Ciater, termasuk kepada pihak-pihak swasta.

“Antara lain, PT Tirta Investama Subang yang telah cukup banyak berkontribusi dalam kegiatan penanaman pohon di Kecamatan Ciater. Dengan banyaknya penanaman pohon di daerah Ciater, diharapkan banjir yang selama ini menjadi langganan Kawasan Pantura dapat berkurang dan bahkan ke depan tidak terjadi banjir,” katanya.

Kepala Pabrik PT Tirta Investama Subang, Dwi Novriyadi menyampaikan, hal yang mendasari rangkaian aktivitas lingkungan di Kecamatan Ciater adalah kawasan ciater merupakan cathment area das cipunagara yang sumber-sumber airnya dimanfaatkan oleh banyak pihak termasuk Aqua Subang. “PT Tirta Investama Aqua Subang, berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan lingkungan,” katanya.

0 Komentar