5 Masjid Indah Di Indonesia Bikin Kita Betah Untuk Ibadah

5 Masjid Indah Di Indonesia Bikin Kita Betah Untuk Ibadah
0 Komentar

Sebagai salah satu negara dengan pemeluk agama islam terbanyak di dunia, wajarsaja jika banyak masjid yang bisa kita temukan dengan mudah, di antaranya dibangun oleh arsitektur yang menawan dan ada pula yang dipengaruhi oleh budaya sehingga menghasilkan perpaduan yang sangat indah. inilah 5 Masjid Indah Di Indonesia Bikin Kita Betah Untuk Ibadah.

1. Masjid An-Nur

Masjid Agung An-Nur di Kota Pekanbaru, Riau memiliki gaya arsitektur Melayu. Hal itu terlihat dari kubah masjid berbentuk gasing terbalik sebagai mainan tradisional Melayu.
Memadukan gaya Melayu, Turki, Arab dan India, masjid Agung An-Nur kerap disebut Taj Mahal-nya Indonesia. Saat Ramadan, masjid An-Nur menjadi tempat ngabuburit alias menunggu berbuka puasa.

Masjid yang berdiri kokoh di lahan seluas 12,6 hektare ini memiliki warna khas hijau di bagian luar. Sedangkan di bagian dalam dipadukan warna hijau, putih dan kaligrafi dengan warna keemasan, Masjid mulai dibangun tahun 1963 sejak Riau ditetapkan sebagai Provinsi

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Baca Juga:Fast & Furious 10 Akan Tayang Pada Tahun 2023 MendatangAkhirnya One Punch Man Rilis Season 3

Arsitektur masjid memadukan tiga gaya. Arsitektur Jawa diwakilkan pada bagian badan atap masjid yang berbentuk limas serta dasar tiang masjid bermotif batik seperti model tumpal, untu walang, kawung, dan parang-parangan. Arsitektur Arab dapat dilihat dari kubah puncak masjid dan dinding masjid yang dihiasi kaligrafi. Arsitektur Roma-Yunani terlihat pada desain interior dan pewarnaan sudut- sudut bangunan.

Salah satu ciri khas masjid ini adalah enam buah payung hidrolik raksasa yang berada di teras masjid. Payung yang dapat membuka dan menutup secara otomatis ini mengadopsi model yang terdapat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Dengan tinggi masing-masing 20 meter dan bentangan hingga 14 meter, payung ini berfungsi sebagai atap kala jumlah jamaah tengah meluap.

3. Masjid Al-Iryad (Bandung)

Masjid Al-Irsyad Kota Baru Parahyangan dimulai pembangunannya pada hari Senin, 7 September 2009 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1430 H (Nuzulul Quran). Tak menunggu waktu lama, tepat setahun kemudian, masjid ini diresmikan pada bulan Agustus 2010.
Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjidil Haram dan Ka’bah yang berbentuk kotak. Arsitek dari masjid yang unik dan megah ini adalah orang nomer satu di Jawa Barat, yaitu Ridwan Kamil.

0 Komentar