Mengenal Fungsi Crossover pada Audio Mobil Baik Aktif atau Pasif

Fungsi Crossover
Fungsi Crossover
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES – Apakah kamu sedang mencari tau apa itu fungsi crossover? Namun sebelum kamu mencari tau fungsinya ada baiknya kamu mengenal lebih dulu apa itu crossover.

Nama dan fungsi crossover sebenarnya tidak asing bagi mereka yang bergelut di dunia audio, terlebih untuk audio mobil.

Secara sederhana komponen ini mengatur pembagian frekuensi ke speaker-speaker mobil, sehingga suara yang dihasilkan menjadi jernih, itulah fungsi crossover.

Baca Juga:4 Cara Dapat Uang dari TikTok Terbaru untuk Pemula, Terbukti Mudah dan Membayar, Bahkan Tanpa Aplikasi ApapunFREE LINK Nonton Blue Lock, Manga Bergenre Olahraga Bercerita Kualaifikasi Sepak Bola Sekolah Menengah Nasional

Jenis Crossover Audio Mobil

Jika kamu sudah mengetahui fungsi secara umum, meski belum mendetail, saatnya kita masuk ke tahapan jenis dari crossover itu sendiri.

Jika dibagi, maka jenisnya terbagi menjadi 2, ada crossover aktif, dan ada yang pasif. Kita akan bahas terlebih dahulu yang aktif.

Secara sederhana jenis aktif ini bertugas membagi frekuensi setelah sinyal suara audio diperkuat oleh power ampli.

Dengan jenis aktif ini kamu bisa dengan mudah mengatur frekuensi suara dari audio mobil untuk setiap speaker.

Jenis Crossover Pasif

Berbeda dengan yang aktif, yang pasif ini perlu dukungan power ampli untuk membagi suara. Namun memiliki banyak keunggulan, salah satunya bisa mengatur secara leluasa frekuensi suara.

Apalagi jika optimal, maka bukan tidak mungkin suara yang keluar lebih jernih dari yang aktif.

Nah itulah pengertian dan jenis dari crossover, mudah-mudahan kamu sudah mulai tergambar dan mengenal apa komponen itu ya.

Baca Juga:Nonton The Witcher: Blood Origin Sub Indo Segera Tayang 25 Desember 2022, Ini Bocoran Sinopsisnya!Baca DARK MOON: THE GREY CITY Sub Indo Full Episode, Seri Manhwa Terbaru Trending di Webtoon

Untuk selanjutnya kita masuk pada pembahasan fungsi dari komponen tersebut. yang memiliki peran krusial, karena berpengaruh pada kualitas suara audio mobil kamu.

Fungsi Crossover Audio Mobil

Sedikit sudah mengenal tadi mengenai fungsinya, namun agar kamu lebih tergambar bagaimana kerja dari crossover itu begini.

Misal, pada sistem speaker 2-way sebuah mobil, crossover akan membagi frekuensi suara antara dua komponen, yaitu midbass dan tweeter.

Komponen akan memotong frekuensi tweeter pada 4 KHz dengan slope 12 dB per oktaf. Sedangkan pemotongan frekuensi pada midbass mulai pada rentang 2,5 sampai dengan 3,5 Khz untuk mengimbangi tweeter.

0 Komentar