Serapan Anggaran Baru 73,47 Persen, Padahal Sudah Akhir Tahun

Serapan anggaran
0 Komentar

SUBANG-Serapan anggaran Pemda Subang memasuki akhir tahun ini baru mencapai 73,47 persen. Capaian itu merupakan kumulatif dari seluruh dinas maupun kecamatan hingga 09 Desember 2022.

Data dari Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Subang, masih ada beberapa dinas yang serapan anggarannya masih rendah. Serapan paling rendah yakni Dinas PUPR yang masih 44,61 persen.

Lalu dinas kesehatan yang baru mencapai 62,08 persen. Sementara kecamatan dengan serapan anggaran paling rendah yakni Purwadadi baru 64,30 persen.

Baca Juga:Pemkab Jalin Kerja Sama dengan Kejaksaan, Aparat Hukum Dampingi Kades Kelola Dana DesaKetahanan Pangan jadi Agenda 1.000 Hari Kerja HIPMI

Serapan anggaran Pemda Subang ini mendapat sorotan dari DPRD Subang. Wakil Ketua DPRD Subang, Aceng Kudus mendorong agar Pemda segera memaksimalkan serapan anggaran menjelang akhir tahun 2022 ini.

“Kami minta realisasi anggaran bisa secepatnya, karena sudah di penghujung tahun 2022,” kata Aceng Kudus dihubungi Pasundan Ekspres, Selasa (13/12).

Dia menyampaikan, serapan anggaran sama dengan pelaksanaan program. Artinya program atau kegiatan di dinas harus segera dilakukan, agar anggaran yang sudah diberikan digunakan sesuai rencana.

Aceng menuturkan, secara formal nanti Pemda Subang akan menyampaikan realisasi program kerja tahun 2022, paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Kita inginkan realisasi program 2022 harus sudah disusun untuk nantinya di paripurnakan,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Subang, H Narca mengaku akan terus mendorong Bupati agar serapan anggaran kegiatan di setiap dinas bisa terserap dengan optimal

Sementara itu, BKAD Subang juga mendorong dinas yang serapan anggarannya masih minim segera direalisasikan. “Dana sudah tersedia, harus segera diserap. Jangan sampai jadi silpa,” ujarnya.

Baca Juga:Dosen Universitas Bhakti Kencana Edukasi Penggunaan KBKemensos Bebaskan Pemuda Dipasung Selama 13 Tahun, Langsung Dirujuk ke RSJ Cisarua

Soal ini, Bupati dan Wakil Bupati Subang terus mendorong agar dinas maksimalkan serapan anggaran.

Bupati Subang H Ruhimat dinas harus intens melakukan penyerapan. Uang yang tersedia harus diserap, untuk memenuhi kegiatan sepanjang tahun berjalan. “Sudah diingatkan, jadi harus intens dalam penyerapannya,” katanya.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi telah mengintruksikan seluruh dinas untuk dapat menyerap anggaran 100 persen.(ygo/ysp)

0 Komentar