Manfaat Puasa Senin Kamis Dalam Agama Islam Dibukanya Pintu Surga

Manfaat Puasa Senin Kamis Dalam Agama Islam Yang Sangat Bermanfaaat/tangkapan layar (pixabay)
0 Komentar

Puasa merupakan salah satu bagian dari rukun Islam. Dalam bahasa Arab, puasa disebut dengan shaum yang artinya menahan diri untuk tidak melakukan sesuatu atau mengucapkan sesuatu.

Secara istilah, shaum berarti menahan diri dari semua hal yang membatalkan berupa makan atau minum atau hubungan suami istri, sejak dari terbit fajar sampai matahari terbenam yang kesemuanya disertai dengan niat.

Tulis Syaikh Sulaiman Ahmad Yahya Al-Faifi dalam bukunya, Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq.

Baca Juga:Free Link Download Cloud Gaming Zone Mod APK 1.1.0 (Unlimited Money)Free Link Nonton Avatar: The Way of Water Dengan Kualitas Jernih

Puasa juga disebut dalam Al Quran salah satunya dalam surat Maryam ayat 26:

فَكُلِيْ وَاشْرَبِيْ وَقَرِّيْ عَيْنًا ۚفَاِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ اَحَدًاۙ فَقُوْلِيْٓ اِنِّيْ نَذَرْتُ لِلرَّحْمٰنِ صَوْمًا فَلَنْ اُكَلِّمَ الْيَوْمَ اِنْسِيًّا ۚ

Artinya: “Maka makan, minum dan bersenang hatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah, “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini.”

Puasa senin kamis memiliki banyak manfaat baik itu secara spiritual maupun medis. Tidak hanya tubuh yang dilatih menahan diri, tapi juga jiwa, mental atau perasaan seseorang.

~ Sunnah Rasul

Rasulullah SAW memang diketahui rutin melakukan beberapa puasa sunnah, salah satunya adalah puasa senin kamis. Hal ini diungkapkan oleh istri nabi, Aisyah radhiyallu ‘anha: “Nabi selalu menjaga puasa Senin dan Kamis.” (H.R Tirmidzi dan Ahmad).

~ Hari lahir dan wafatnya Nabi Muhammad

Setiap hari dalam pandangan Islam adalah waktu yang baik dan mulia. Namun khusus hari Senin punya kesan istimewa bagi Nabi Muhammad.

Hari Senin adalah hari kelahiran dan wafatnya Nabi Muhammad. Rasulullah SAW bersabda: “Nabi ditanya soal puasa pada Hari Senin, beliau menjawab ‘Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim).

~ Menjaga daya ingat

Puasa rutin dengan jangka waktu yang teratur dipercaya menjaga daya ingat pikiran manusia.

Baca Juga:Free link Nonton Anime Akiba Maid War Eps 11 Sub IndoDianggap Sebagai Tempat Horor Yang Ada di Kota Mekkah Banyak Rumah Dihuni Jin

Sebagaimana hasil penelitian dari Laboratory of Neurosciences National Institute of Aging, menyebutkan bahwa puasa ini bisa mempertajam daya ingat.

Para peneliti mengatakan, dampak diet dan puasa terhadap saraf. Hasilnya, puasa bisa mengakibatkan tekanan oksidatif ringan. Selain itu bisa membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA.

0 Komentar