Hadits Tentang Niat : Apapun yang Diperoleh Sesuai Niatnya

Hadits Tentang Niat : Apapun yang Diperoleh Sesuai Niatnya
Hadits Tentang Niat
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Dalam bahasa Arab memiliki makna keinginan dalam hati untuk melakukan suatu aktifitas. Tidak terdapat arti tertentu untuk niat.

Maka dari itu, banyak ulama yang memberikan arti niat secara bahasa. Misalnya Imam Nawawi berkata, niat adalah bermaksud melakukan sesuatu dan bertekad mengerjakannya.

Rasulullah SAW bersabda:

إنما الأ عمال بالنيات، وإنما لكل امرئ ما نوى

Artinya: “Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:Rekomendasi Skincare untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Dijamin Aman!Nonton Puisi Cinta yang Membunuh, Film Horor yang Menegangkan!

Maksud dari perbuatan yang berbentuk ibadah adalah bahwa perbuatan tersebut merupakan sebuah bagian dari ibadah yang memiliki ketentuan khusus.

Misalnya seperti salat, yang di dalam terdapat ruku’ dan sujud. Atau shaum yang terikat dengan aturan tertentu seperti waktu sahur dan waktu berbuka.

Sedangkan maksud dari perbuatan selain ibadah adalah perbuatan manusia yang tidak berbentuk ibadah, misalnya makan, minum, berjalan, dan sebagainya.

  • Keutamaan Niat

1) Tidak ada amalan yang diterima kecuali bedasarkan niatnya.

2) Manusia akan diberi pahala dan siksa berdasarkan niatnya.

3. Nilai dari hasil perbuatan tidak lagi dilihat perihal niatnya.

Hadis tentang Amalan yang Bergantung pada Niatnya

إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليهِ

Innamal a’malu binniyyat, wainnamaa likullimri yinmaanawa, waman kanat hijrotuhu illaahi wa rasululihi wa hijrotuhu illalai warusulluhu,

waman kanat hijrotuhu illa dunyaa yushiibuhaa iw imro ati yatazawwajuhaa, wahijrotuhu illa maa haajaro ilayhi

Artinya: “Sesungguhnya amal seseorang itu tergantung dengan niatnya, dan bagi setiap orang balasannya sesuai dengan apa yang diniatkannya.

Barang siapa berhijrah dengan niat kepada Allah dan Rasul-Nya, maka ia mendapatkan balasan hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya.

Baca Juga:Sinopsis Puisi Cinta yang Membunuh, Film Horor 17 Tahun ke AtasNonton Drama China Meet Your Self, Kisah Inspiratif Tentang Penemuan Jati Diri

Dan barang siapa berhijrah dengan niat kepada keuntungan dunia yang akan diperolehnya, atau wanita yang akan dinikahinya, maka (ia mendapatkan balasan) hijrahnya kepada apa yang ia niatkan tersebut,” (HR Bukhari dan Muslim).

Hadis tentang Meraih Hasil Sesuai Niat

لَكَ مَا نَوَيْتَ يَا يَزِيدُ ، وَلَكَ مَا أَخَذْتَ يَا مَعْنُ

Artinya: “Engkau dapati apa yang engkau niatkan wahai Yazid. Sedangkan, wahai Ma’an, engkau boleh mengambil apa yang engkau dapati,” (HR Bukhari).

Hadis tentang Niat Mencari Ilmu

0 Komentar