Naskah Khutbah Jum’at 2023, Memperjelas Tujuan Hidup

Nakah Khutbah Jum'at Memperjelas Tujuan Hidup
0 Komentar

Naskah Khutbah Jum’at Memperjelas Tujuan Hidup Pengertian dari Khutbah Berasal dari kata Khataba ,Yakhtubu  dan Khutbatan yang berarti ceramah atau pidato ,

Dalam Fiqih khutbah di artikan dengan pidato yang di lakukan oleh seorang khatib yang di ucapkan di depan para Jamaah sebelum shalat Jumat atau sesudah shalat Id.

Khutbah berisi Nasihat guna untuk mempertebal iman dan taqwa kepada Allah SWT Khutbah di sampaikan secara monolog ,yaitu satu komunikasi ,satu arah .

Baca Juga:Rekomendasi Game PPSSPP Android Ukuran kecil, Klik Disini Untuk Mendownload!Update Link Baca Manhwa Illicit Love Chapter 50 Subtitle Indonesia, Klik Disini Untuk Membaca!

Secara umum Khutbah berarti adalah kegiatan berdakwah mengajak atau menyeru  orang lain untuk meningkatkan ketakwaan ,keimanan ,dan pesan keagamaan dengan rukun dan syarat tertentu.
Pada Artikel Kali ini Kami Akan Membahas Naskah Khutbah Jum’at 2023 Memperjelas Tujuan Hidup

  • Khutbah I

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: أَيَحْسَبُ الْإِنْسَانُ أَنْ يُتْرَكَ سُدًى (القيامة: 36)

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah. Mengawali khutbah pada siang hari yang penuh keberkahan, khatib berwasiat kepada kita terutama kepada diri khatib pribadi untuk senantiasa berusaha meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan melakukan semua kewajiban dan meninggalkan yang diharamkan.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah.

Kita diciptakan tidak untuk menyibukkan diri dengan jabatan yang akan kita tinggalkan, pakaian yang pada akhirnya akan usang, makanan yang akan menjadi kotoran, mobil yang suatu saat nanti menjadi rongsokan dan rumah yang tidak kita bawa ke kuburan.

Dengan ilmu-Nya yang azali (ada tanpa permulaan), Allah mengetahui bahwa di antara hamba-hamba-Nya ada yang taat, dan di antara mereka ada yang durhaka dan mendustakan-Nya.

Ia menyiapkan surga bagi hamba-hamba-Nya yang mukmin dan neraka bagi hamba-hamba-Nya yang mendustakan-Nya dan mendustakan para nabi-Nya.

Bukankah Allah ta’ala berfirman:

أَيَحْسَبُ الْإِنْسَانُ أَنْ يُتْرَكَ سُدًى (القيامة: 36)

Artinya: “Apakah manusia mengira, dia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggungjawaban)?” (QS. Al-Qiyamah: 36).

Allah subhanahu wata’ala juga menegaskan:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (الذاريات: 56)

Maknanya: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali Aku perintahkan mereka untuk beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat: 56).

Baca Juga:Update Link Manga Inu ni Nattara Suki na Hito ni Hirowareta Chapter 40 Subtitle Indonesia, Klik Disini Untuk Membaca!Link Download Survival: Fire Battlegrounds Offline Mod Apk Unlimited money diamonds 13.3, Klik Disini Untuk Mendownload!

Mereka yang tidak mengetahui untuk tujuan apa mereka diciptakan di dunia ini, berlaku pada diri mereka sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

0 Komentar