Desa Bojong Barat Bangun Wisata Adventure

Desa Bojong Barat
LOKASI WISATA. Kepala Desa Bojong Barat Adik Sahroni saat menunjukkan lokasi Desa Wisata Bojong Barat Adventure yang sudah mulai dibangun. ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

PURWAKARTA– Desa Bojong Barat, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta memiliki topografi yang cukup menunjang untuk dijadikan destinasi wisata alam. Tak heran, pemerintah desa setempat bakal membangun sebuah kawasan desa wisata di wilayahnya itu.

Berlokasi di Dusun Sukamaju, Desa Bojong Barat, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, objek wisata yang mulai dibangun ini akan dinamai Desa Wisata Bojong Barat Adventure. Visinya, menjadi salah satu rujukan wisata di Kabupaten Purwakarta.

Kades, Adik Sahroni mengatakan, Desa Adventure di awal kelahirannya dapat menjadi sebuah gerakan guna lebih memaksimalkan sekaligus menjaga sumber daya yang ada di perdesaan. Sehingga lebih bermanfaat dan berkelanjutan melalui kegiatan kepariwisataan.

Baca Juga:Kantongi Omzet Puluhan Juta dari Usaha Mie Ayam Coet dan Bakso TajirSakit Hati Dilarang Berjualan Sekitar TKP, Pedagang Asongan Pelaku Penusukan Ditangkap

“Melalui pariwisata diharapkan mampu menciptakan sinergi antarlembaga dan komunitas yang ada di desa sehingga akan terjadi keseimbangan. Ibarat orkestra, semua memiliki peran, tetapi harus mampu menjaga ritme, kekompakan, menahan diri, dan tahu kapan waktunya bermain atau diam. Sehingga, tercipta alunan musik yang harmonis,” kata Adik kepada wartawan, Ahad (15/1).

Dirinya menyebutkan, dengan kondisi geografis yang memiliki daya jual sebagai destinasi wisata, ditambah kondisi tanah yang bagus juga kualitas air yang menunjang, pihaknya berencana membangun berbagai fasilitas. Mulai dari camping ground, villa, wisata air serta trek untuk motor trail.

“Di lokasi Adventure ini bakal dibangun villa, camping ground, trek motor trail adventure dan wisata air. Di lokasi ini memiliki sungai yang sangat cocok untuk perlintasan motor trail,” ujarnya.
Adik menambahkan, tujuan dibangun Desa Wisata Bojong Barat Adventure ini agar masyarakat desa mampu mandiri, mengelola sumber daya alam dengan baik dan berkelanjutan serta dapat meningkatkan sumber pendapatan warga Desa.

“Desa wisata ini juga membuka lapangan pekerjaan di desa serta sanggup memenuhi kebutuhan masyarakat desa dengan memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia melalui konsep pembangunan berkelanjutan,” ucap Adik penuh harap.(add/vry)

0 Komentar