Artsteps: Solusi Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Virtual

Artsteps: Solusi Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Virtual
0 Komentar

Oleh: Margareta D., S. Pd

( Guru Geografi SMAN 1 Muntilan,Magelang, Jawa Tengah )

Masa pembelajaran implementasi kurikulum merdeka saat ini, pada setiap fase nya terdapat pembelajaran Projek penguatan profil pelajar Pancasila yang  merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Pada fase E kegiatan projek ini mendapatkan alokasi waktu 486 jam pertahun, sebuah perjalanan waktu yang tidak pendek, namun juga kegiatan yang menghendaki capaian yang tinggi, karakter yang jelas dan mendalam, sebuah perilaku yang digadang – gadang dapat dihasilkan dari anak – anak lulusan SMA yang sesuai dengan profil pelajar pancasila.

Kegiatan pembelajaran projek PPPP ini merupakan bentuk pembelajaran projek, sehingga diperlukan kegiatan yang terdiri dari tahapan – tahapan sebagai berikut : perencanaan dan pembuatan proposal, pembuatan jadwal pelaksanaan, pelaksanaan kegiatan projek, pelaporan kegiatan dan terakhir adalah panen hasil karya kegiatan projek.

Kegiatan perencanaan sudah berlalu dan dari proposal berbagai kelompok di dapati hasil karya anak anak yang sebagian besar berupa pamflet, poster, info grafis, komik, flip book, kartun, video, dokumenter, drama, lagu, monolog dan berbagai hasil yang berupa produk digital. Karya anak yang harus terapresiasi dan diharapkan terus memberikan pencerahan dan pemahaman pada para apresiator yang membaca dan memahami isi dan pesan dari hasil karya tersebut.

Baca Juga:Upaya Membumikan Soal Berbasis AKM dan Berbras Demi Perwujudan Profil Pelajar Pancasila dengan Apliaksi SMUNOOSinergi Foundation Resmikan Kantor Cabang di Tangerang

Anak sangat antusias dalam merencanakan berbagai karya sebagai bentuk dari karakter kreatif, bernalar kritis, mandiri dan gotong royong, sebuah pemandangan dan iklim yang sangat diharapkan dalam atmosfer kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka memang menghendaki peserta didik yang menunjukkan Pelajar Indonesia yang dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan, sehingga harus memiliki 6 Dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu : 1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. 2. Berkebinekaan global. 3. Bergotong-royong. 4. Mandiri. 5. Bernalar kritis. 6. Kreatif.

Dari kegiatan pembelajaran projek ini didapati karakter yang memang diharapkan akan terbentuk selama proses pembelajaran berlangsung. Anak – anak akan mendapatkan penilaian berupa karakter yang belum berkembang, mulai berkembang, berkembang, berkembang sesuai harapan dan sangat berkembang dalam setiap proses yang berjalan. Sebuah pemandangan yang menyenangkan dan membanggakan, anak – anak pada awal kegiatan projek sudah menunjukkan perilaku yang membanggakan, tinggal beberapa anak saja yang masih mempunyai perilaku yang mulai berkembang.

0 Komentar