Hasil karya yang sangat beraneka ragam ini secara otomatis akan memerlukan kegiatan panen karya yang sangat spektakuler, sesuai ekspektasi mereka dalam membuat karya, diperlukan arena pameran yang bisa mengakomodasi dan bisa mengapresiasi seluas – luasnya hasil karya mereka. Diperlukan ruang pameran yang membutuhkan biaya yang tidak kecil, masih ditambah tempat di SMAN 1 Muntilan sangat terbatas yang pada gilirannya akan membuat pelaksanaan panen hasil karya yang terbatas. Sebuah kondisi yang sangat kontradiktif disatu sisi harus mendorong anak – anak memiliki perilaku ataupun karakter semaksimal mungkin sesuai profil pelajar pancasila namun dihadapkan dengan segala keterbatasan yang ada.
Berangkat dari kejadian tersebut maka dilakukanlah ekplorasi dan elaborasi dari berbagai referensi dan berbagai komponen, guna mendapatkan pemecahan masalah tersebut, karya anak anak yang sudah dilakukan dengan penerapan karakter yang maksimal akan terapresiasi dengan maksimal.
Maka ditemukanlah sebuah aplikasi yang mampu menjadi tempat untuk memajang karya – karya ananda tersebut dalam ruang – ruang virtual, yang kemudian diarahkan pada pameran virtual, aplikasi yang digunakan adalah aplikasi ARTSTEPS.
Baca Juga:Upaya Membumikan Soal Berbasis AKM dan Berbras Demi Perwujudan Profil Pelajar Pancasila dengan Apliaksi SMUNOOSinergi Foundation Resmikan Kantor Cabang di Tangerang
Aplikasi ini terdapat ruang – ruang sebagai tempat meletakkan hasil – hasil karya peserta didik. Artsteps merupakan sebuah platform online yang telah hadir sejak lama, namun keberadannya semakin populer selama pada masa Pandemi Covid-19. Platform Artsteps menyediakan fitur-fitur untuk mengadakan pameran secara virtual dan interaktif dengan lingkungan dasar berbasis web, sehingga memungkinkan artwork dapat dinikmati oleh siapa saja dan dimana saja menggunakan akses internet.
(https://infobisnis.id/2020/10/09/mahasiswa-upnv-jakarta-pakai-platform-artsteps-untuk-gelar-pameran-virtual/
Aplikasi ini dapat menambah lagi karakter yang mengarah pada minat penerapan teknologi pameran online yang tinggi, usaha menerapkan pengetahuan belajar teknologi aplikasi Artsteps menggunakan laptop dan jaringan komputer.
Peningkatan minat belajar dapat diukur melalui beberapa indikator, yaitu kebahagiaan, minat, keinginan, dan peran siswa didalamnya (Slameto, 2015). Aplikasi ini menyediakan kita mendapatkan ruang pameran dengan berbagai bentuk yang kita inginkan, kita tinggal menempelkan hasil, baik yang berupa karya statis dengan insert page, karya dinamis dengan menempelkan link karya maupun link youtube karya anak yang sudah di upload di youtube. Dari segi para pengunjung nantinya tinggal masuk ke ruang yang telah di sediakan, kemudian melakukan perjalanan secara virtual pada aplikasi ini. Sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi anak – anak semuanya, satu sisi tetap bermain gadget namun sisi yang lain mendapatkan pengetahuan tentang karakter anti bullying dan anti korupsi. Sebuah kolaborasi yang sangat diimpikan bersama, kegiatan peningkatan karakter dan peningkatan literasi komputer secara bersamaan, yang menghasilkan sebuah kombinasi yang sangat sinergis dengan perwujudan peserta didik sesuai tuntutan kompetensi profil pelajar Pancasila yang harus memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0.