Nikmatnya Hidangan Gombyang Manyung Khas Pantura Subang

Gombyang Manyung
0 Komentar

SUBANG-Terletak di wilayah Pantai Utara tepatnya di daerah Kecamatan Pusakajaya, terdapat rumah makan yang menyediakan hidangan makanan khas Pantura yaitu Gombyang Manyung. Rumah makan tersebut bernama rumah makan Sumber Rezeki yang bertempat di Jl. Raya Pantura Kecamatan Pusakajaya, Subang. Rumah makan yang sudah berdiri selama satu tahun ini tak pernah sepi pengunjung.

Pemilik rumah makan Sumber Rezeki, Novi (35) mengatakan bahwa banyak pengunjung dari mana lun yang tertarik dan ingin mencoba menu masakan Ikan Gombyang Manyung.

“Alhamdulillah jadi banyak pengunjung yang makan di sini buat nyobain menu ikan gombyang buatan saya, karena menu masakan ikan gombyang itu emang jarang sekali” ujarnya.

Baca Juga:Wadah Peduli Al Muhajir Canangkan Satu Bulan Satu RumahRekan Budi Hermawan Sikapi Tahun Politik sebagai Qodratu’llah

Gombyang manyung merupakan masakan berbahan dasar kepala ikan manyung yang diolah menjadi masakan tradisonal dengan menggunakan bumbu rempah-rempah. “Kata gombyang ini sendiri sebenarnya mengacu pada kuah yang melimpah, karena kepala ikan manyung ini dimasak dengan tesktur berkuah kuning,” ungkapnya.

Menurut Novi, yang perlu diperhatikan saat memasak yakni masakan jangan sampai berbau amis atau anyir. Kuncinya ada di insang, karena pada kepala ikan itu terdapat lendir yang menempel pada ingsang. Jika tidak dibersihkan dengan benar lendir itu akan mempengaruhi rasa ikan.

Setelah selesai dimasak, kepala ikan manyung disajikan di dalam mangkuk jumbo dengan kuah melimpah kemudian ditambah irisan tomat dan irisan daun bawang diatasnya. Aroma gurih dan lezatnya langsung menggugah selera makan. Untuk menikmati seporsi menu masakan Gombyang Manyung pengunjung cukup merogoh kocek mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 60.000 tergantung berat dan ukuran pada ikan.

Selain menu Gombyang Manyung, rumah makan ini juga menyediakan menu lain seperti Sop Iga, Tongseng Kambing, Ikan Bakar Laut, Ayam Bakar Kampung, Cumi Saos Padang, Cah Kangkung, dan lain sebagainya. Rumah makan Sumber Rezeki beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB.(cdp/vry)

0 Komentar