5 Fakta Unik Kungkang! Hewan yang Sangat Lambat

fakta unik kungkang
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRESTidak bisa dipungkiri fakta bahwa kungkang merupakan hewan yang lambat memang benar adanya. Namun, masih ada fakta unik kungkang lainnya yang perlu kita ketahui.

Apa saja Faukta unik kungkang tersebut?

  1. Metabolismenya Sangat Rendah

JIka membandingkan dengan mamalia lain yang seukuran dengan kungkang, kungkang lah yang memiliki metabolism yang sangat rendah.

Selain itu, suhu tubuhnya juga sangat rendah, hanya 30-34⁰C saja. Dengan metabolism tubuhnya yang rendah, kungkang bisa bertahan hidup dengan sedikit makanan. Hal ini karena butuh beberapa hari untuk mencerna makanan yang ia makan.

Baca Juga:Buruknya Makanan dan Minuman Instan Untuk Kesehatan Kita SendiriLink Baca Komik One Piece Chapter 1074 GRATIS

Mengutip dari laman World Wildlife Fund. Metabolism elambat ini yang membuat gerakan kungkang lambat. Saking lambatnya, bahkan lumut pun bisa tumbuh pada punggungnya.

  1. Tidur 15 Jam Sehari

Berbeda dengan manusia yang membutuhkan waktu tidur 7-8 jam agar kembali bugar, kungkang tidur lebih lama dua kali lpat dari manusia. Kungkang biasanya tidur selama 15 jam dalam sehari.

Kemudian sisa waktu yang ada mereka gunakan untuk makan, memanjat dan bergelantungan di pohon. Karena Kungkang termasuk nocturnal, maka ia tidur pada siang hari. Sementara malam harinya kungkang aka aktif bergerak.

  1. Kecepatan Bergerak Kurang Dari 3 Meter Per Menit

Menurut laman Pets on Mom, kungkang bergerak dengan kecepatan 480 kaki per jam atau 146 meter per jam yang mana apabila dikonversikan ke menit, mereka bergerak dengan kecepatan 2,43 meter per menit. Mereka butuh waktu untuk menggerakkan kaki dan tangannya.

Apabila dalam bahaya, kungkang bisa menaikkan kecepatannya hingga 4,5 meter per menit. Namun ini jarang dilakukan karena akan menghabiskan energinya.

  1. Makanannya Adalah Daun, Ranting dan Buah

Khusus untuk kungkang berjari tiga, mereka hanya memakan daun, tunas muda, dan ranting yang halus. Sementara kungkang berjari dua memakan banyak jenis makanan seperti daun, ranting, buah, serangga, hingga tikus berukuran kecil, tertera dalam laman Pets on Mom.

  1. Buang Air Besar 1-3 Minggu Sekali

Melansir dar lama Pets on Mom, Kungkang hanya baung air besar 1-3 minggu sekali.

Baca Juga:Link Gratis Baca Manhwa Solo levelling side storyHPN 2023, BNI Komitmen Dukung Peningkatan Kompetensi Wartawan

Saat mereka ingin buang air besar, mereka akan turun dari atas pohon dan buang air besar di tanah. Kotorannya pun bermanfaat bagi kesuburan hutan.

0 Komentar