Strategi dan Kontribusi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Nasional

Strategi dan Kontribusi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Nasional
0 Komentar

TQM adalah  sebuah  model  pembelajaran  manajemen  mutu dimana TQM merupakan strategi manajemen yang ditujukan untuk menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi. TQM berprinsip  pada  fokus  kepuasan pelanggan,  komitmen pimpinan, cara  berfikir, pengembangan dan  perkembangan  yang  berkelanjutan. Dalam konteks pendidikan bahwa manajemen mutu terpadu merupakan sesuatu yang harus sistemik dan menyeluruh, tidak bisa berdiri sendiri melainkan harus berkolaborasi semua pemangku kepentingan.

Pada akhirnya kendala yang sangat fundamental dari segi support sistem penyelenggaraan Pendidikan berupa pendanaan, bisa teratasi Ketika mampu bermitra dengan pihak eksternal untuk bisa bersinergi. Sehingga pengelola Lembaga Pendidikan Islam bisa lebih fokus perhatiannya untuk mendesain mutu sekolah, dari mulai mutu input siswa dan guru, proses pembelajaran yang inovatif dan integratif dan mutu output lulusan yang terpercaya dan berdaya saing, penulis yakin bahwa kalau tiga hal itu unggul, lembaga Pendidikan Islam bukan lagi hanya sebagai sekolah alternatif melainkan menjadi sekolah impian dan pilihan terbaik.

Kontribusi nyata bukan hanya dalam hal bidang Keislaman saja, melahirkan generasi bangsa yang berakhlak dan bermental patriotis melainkan mampu melahirkan teknokrat, entrepreneur dan pemimpin masa depan dari kalangan cendekiawan muslim, terbukti bahwa Indonesia memiliki Presiden dari kalangan Kyai yaitu Presiden Abdurrahman Wahid.(*)

Laman:

1 2 3
0 Komentar