Menakar Penerapan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran

Menakar Penerapan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran
0 Komentar

Guru Geografi SMAN 1 Purwantoro

Kehidupan di abad 21 ini akrab dengan pemanfaatan berbagai teknologi dalam menunjang kehidupan. Tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Saat ini dunia pendidikan dapat memanfaatkan berbagai teknologi untuk pembelajaran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah artificial intellegence yang sering disebut dengan AI.

Salah satu teknologi AI yang dimanfaatkan dalam pembelajaran diantaranya adalah pemanfaatan ChatGPT. Teknologi ini biasanya digunakan untuk mencari materi pembelajaran dan mencari berbagai macam jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh guru. Teknologi ini menjadi robot pintar yang siap menjawab berbagai pertanyaan dan kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik.

Perkembangan teknologi AI sempat menjadi perdebatan dikalangan pendidik. Ada yang pro dengan pemanfaatan AI dalam pembelajaran karena mempermudah berbagai tugas guru. Namun, adapula yang merasa terancam karena peran guru akan digantikan oleh AI yang kian lama kian berkembang.

Baca Juga:Akselerasi Karir Guru Geografi lewat MenulisGerindra Ingin Jadi Partai Politik Penguasa, PAN Rutin Gelar Baksos dan Gembleng Kader

Terlepas dari pro dan kontra mengenai penerapan AI dalam pembelajaran, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan diantaranya;

Kelebihan AI dalam pembelajaran dapat memberikan kemudiahan kepada guru dan peserta didik dalam mencari materi atau menemukan solusi dalam pembelajaran. Dalam segi waktu penerapan AI dapat menerapkan pembelajaran yang efisien. Dalam pemahaman konsep peserta didik lebih dapat memahami konsep dari berbagai sumber belajar yang diperoleh.

Sedangkan kekurangan AI dalam pembelajaran adalah kurangnya kreativitas peserta didik karena peserta didik memiliki ketergantungan terhadap pemanfaatan AI. Dari segi sosial para peserta didik menjadi kurang berinteraksi sehingga empati antar peserta didik tidak dapat terbangun dengan baik. Pada segi konten, materi yang ditampilkan oleh AI masih terbatas. Materi-materi pembelajaran yang abstrak dan rumit belum dapat disajikan dengan baik oleh teknologi AI.

Pemahaman yang perlu dimiliki oleh guru adalah penerapan AI dalam pembelajaran bukanlah satu-satunya teknologi dalam pemebelajaran, melainkan dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam menyelenggarakan kegiatan yang berbasis teknologi. Keberadaan guru dalam pembelajaran tetap dibutuhkan dalam perannya menanamkan nilai dan karakter kepada peserta didik.

Para guru dapat memanfaatkan AI secara bijaksana sehingga kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan AI dapat menghasilkan pembelajaran yang berkualitas serta membentuk pribadi peserta didik yang memiliki jiwa profil pelajar pancasila sesuai dengan tuntutan kurikulum.

0 Komentar