Cara Mandi Junub atau Mandi Wajib Yang Benar Menurut Islam

Cara Mandi Junub atau Mandi Wajib Yang Benar Menurut Islam
0 Komentar

PASUNDAN EKSPRES- Cara Mandi Junub atau Mandi Wajib Yang Benar Menurut Islam.
Cara Mandi Junub atau Mandi Wajib Yang Benar Menurut Islam.

Menjadi persoalan yang nyata, bahwa ketika kita telah melakukan hadats besar, maka wajib untuk melakukan Mandi Junub atau Mandi Besar, sebagai mediator penyucian tubuh kita.

Penyebab Hadats Besar terbagi menjadi tiga hal:

  • Haid, ini hanya berlaku untuk perempuan muslimah.
  • Nifas, ini juga sama seperti yang di atas, karena keluarnya darah Nifas, sesaat setelah melahirkan.
  • Keluarnya Air Mani, dalam kasus ini, laki-laki juga wajib untuk mandi ketika, mereka keluar air mani, entah dengan cara memaksa, atau juga dengan Ihtilam atau berarti mimpi basah.

Salah satu dalil tentang Hadats besar yang mewajibkan kita harus bersuci adalah firman Allah SWT dalam Al-Quran, yang berbunyi:

Baca Juga:Udah Update, Baca Manga One Piece Chapter 1075, Ini Linknya!5 Rekomendasi Manhwa Bertemakan Murim Terbaik 2023, Dengan Gratis Link Baca, Hanya di Sini!

“Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah: “Haid itu adalah suatu kotoran,” Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”(QS. Al Baqoroh Ayat 222).

PASUNDAN EKSPRES- Cara Mandi Junub atau Mandi Wajib Yang Benar Menurut Islam.

Pertama- Berwudlulah sebagaimana wudlu saat hendak melakukan sholat.

Kedua – Mengucapkan Niat

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى, “Nawaitul Ghusla Li Rof’il Hadatsil Akbari Fardlon Lilallahi Ta’ala” saat air menyentuh kulit tubuh kita bagian yang mana saja.

Ketiga- Membasuh seluruh kulit tubuh kita dengan air, dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Keempat- Mandilah seperti kita mandi biasa, dengan menggunakan sabun dan juga shampo atau yang lainnya.

Kelima- Setelah kita membersihkan badan dari sabun dan sebagainya, kemudian pakailah handuk, Lalu berwudlu kembali dengan Niat wudlu biasanya.

0 Komentar