Daun Pegagan Bermanfaat Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Stress

Daun Pegagan bermanfaat bagi kesehatan
Daun Pegagan bermanfaat bagi kesehatan tubuh terbukti efektif atasi berbagai masalah kesehatan.rmanfaat Bagi Kesehatan,
0 Komentar

Pasundan Ekspres– Pegagan memiliki efek positif langsung atau tidak langsung pada kesehatan otak. Sehingga meningkatkan memori jangka pendek.  Tanaman ini memiliki nama ilmiah Centella asiatica. Meskipun sebagian orang mengenalnya sebagai pegagan, tanaman obat ini juga memiliki nama lain seperti daun tapak kuda.

Tumbuhan dari famili Apiaceae ini mengandung banyak senyawa bioaktif yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif, bakteri, dan virus. tanaman ini sudah lama digunakan dalam pengobatan.

Meningkatkan Fungsi Otak
Para ilmuwan telah menemukan bahwa Pegagan dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Ini karena daun tanaman ini memiliki efek positif pada kesehatan otak, serta mengandung asam folat. Ini terutama berlaku untuk orang yang menderita stroke.
Meningkatkan Memori dan Fungsi Otak
Ada penelitian yang menunjukkan bahwa tanaman ini dapat membantu mengobati penyakit Alzheimer, melindungi sel otak dari racun, dan membantu orang sakit. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung klaim ini.
Mengatasi Gangguan Depresi dan Kecemasan
Terbukti secara ilmiah dapat mengatasi depresi dan gangguan kecemasan, Keasaman daun pegagan dapat mengontrol aktivitas neurotransmiter atau gamma-aminobutyric acid (GABA) yang dapat membantu mengatasi kecemasan, insomnia atau depresi.
Dalam sebuah penelitian terhadap 33 orang dengan gangguan kecemasan umum, stres, kecemasan, dan depresi terbukti menurun setelah mengkonsumsi suplemen daun pegagan selama 60 hari.
Meredakan Nyeri Sendi
Manfaat lainnya yang sudah terbukti adalah dapat meredakan nyeri sendi. Kandungan antioksidannya mampu menjaga imunitas tubuh sehingga mengurangi peradangan yang mungkin terjadi.
Menyembuhkan Luka
penyembuhan luka juga merupakan salah satu manfaat tanaman yang terbukti secara ilmiah. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ini dapat menyembuhkan berbagai jenis luka, seperti luka sayat, lecet, dan luka infeksi.

 

0 Komentar