PPK Kertawangi Gagas Program Rumah Asik

Program Rumah Asik
0 Komentar

Upaya Penanganan Stunting

BANDUNG BARAT-Bersama Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Pemerintahan Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggagas program Rumah Asik.

Program kolaboratif ini, di dalamnya meliputi bidang pertanian dan peternakan yang mana hasilnya diperuntukkan bagi warga desa yang membutuhkan, termasuk keluarga terdampak stunting.

Kepala Desa Kertawangi Yanto bin Surya mengatakan, digagasnya program Rumah Asik merupakan bagian dari inovasi desa untuk meningkatkan kesejahteraan warganya yang masih banyak tergolong ekonomi lemah.

Baca Juga:Optimis Peminat Ibadah Haji Tetap TinggiTiktok Download APK Tanpa Watermark

Selain itu, adanya Rumah Asik itu juga untuk membantu mengentaskan masalah warganya yang memiliki anak pengidap stunting. “Jadi di Rumah Asik itu ada ternak kelinci, ternak ayam, ada ikan, ada sayuran yang dari hasil itu akan diberikan kepada yang terdampak stunting,” ucap Yanto saat ditemui baru-baru ini.

Diakui Yanto yang juga dikenal dengan nama Steve Ewon pecinta reptil dan ahli hipnotis binatang, di desa yang dipimpinnya ini, jumlah pengidap stunting masih tinggi.

Oleh karenanya, dirinya merasa teringankan tugasnya dengan banyaknya pihak seperti Polres Cimahi, Pemda KBB, serta Kecamatan Cisarua yang turut membantu dalam pengentasan masalah stunting.

“Ini adalah suatu bentuk kerjasama yang baik ya, karena memang ini adalah tanggungjawab kita semua, sekaligus bentuk dekatnya Polisi dengan masyarakat. Semoga dengan datangnya Pak Kapolres dengan memberikan edukasi dan bantuan ini, betul-betul bisa zero stunting,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Cisarua, Taufik Firmansyah memaparkan, penanganan stunting harus dilakukan dari hulu hingga ke hilirnya, mulai dari potensi stunting sampai ke pengidap stunting.

“Jadi untuk kecamatan ini dua-duanya digarap. Mulai dari yang berpotensi stunting seperti dari remajanya sebelum menikah lalu ketika hamil, nah itu sama, kalau mereka asupan gizinya kurang, sama nantinya akan melahirkan stunting,” ujarnya.

Diterangkan Taufik, Kecamatan Cisarua telah berkolaborasi dengan Pemda KBB untuk menganggarkan penanganan stunting.

Baca Juga:Download Manhwa Illicit Love Chapter 50 Pdf Teks IndoAnime Batch – Download Tensura Movie Guren no Kizuna-hen

Dengan kolaborasi tersebut, diharapkan tidak ada lagi masyarakat pengidap stunting khususnya, di Desa Kertawangi sebagai desa pengidap stunting tertinggi di Kecamatan Cisarua dengan jumlah kasus stunting mencapai 400 jiwa.

0 Komentar