Tak Mau Wilayahnya Terkena Banjir Lagi, Camat Sukasari Minta BBWS Segera Keruk Sungai

Camat Sukasari Minta BBWS Segera Keruk Sungai
Camat Sukasari Muhamad Rudi bersama Muspika meninjau rumah warga yang teggenang banjir di Dusun Lenggansari.
0 Komentar

SUBANG-Camat Sukasari Muhamad Rudi, meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) mengeruk sejumlah sungai yang menjadi penyebab banjir di Dusun Langgensari, Desa Anggasari, Kecamatan Sukasari.

Dusun Langgensari merupakan salah satu dusun yang terdampak banjir cukup parah. Surutnya pun terbilang lama dan harus menunggu hitungan bulan.

Camat Sukasari Muhamad Rudi menduga penyebab banjir karena kondisi geografis, serta adanya penyempitan sungai dan juga adanya pendangkalan atau sedimentasi sungai.

Baca Juga:Desa Wantilan Subang Terpilih Sebagai Desa Percontohan SaemaulKunjungi DPD PAN Subang, Neng Farah Konfirmasi Langsung Akan Nyalon Bupati di Pilkada 2024

“Daerah Langgensari ke utara itu kondisi air lautnya mulai naik dan meninggi. Sementara pemukiman penduduk terdapat di dataran rendah, dan adanya penyempitan Sungai Kalen Burung dan Kalen Sawin,”ujarnya.

Pihaknya telah mengirimkan surat ke BBWS agar bisa segera mengeruk sungai yang ada di Dusun Langgensari, Desa Anggasari.

“Pengerukan sungai harus segera agar banjir ini segera berkakhir dan dapat bisa mengurangi dampak serta beban masyarakat,” ungkapnya.

Dia menuturkan, sungai yang berada di Dusun Langgensari masih berada di bawah tanggungjawab BBWS. Pengerukan akan mengurangi pendangkalan dan mencegah banjir datang kembali.

“Selain pendangkalan sungai, banjir juga terjadi akibat curah hujan tinggi yang mengakibatkan beberapa saluran air yang bermuara di sana airnya tertahan dan tidak bisa langsung ke laut,” jelasnya.(cdp/ysp)

0 Komentar