Makanan Khas Sunda Sederhana dan Terpopuler, Mana Yang Jadi Pilihan Favorit Kamu?

Makanan Khas Sunda Sederhana dan Terpopuler, Mana Yang Jadi Pilihan Favorit Kamu? (via Lifestyle Okezone)
Makanan Khas Sunda Sederhana dan Terpopuler, Mana Yang Jadi Pilihan Favorit Kamu? (via Lifestyle Okezone)
0 Komentar

PASUNDAN EKDPRESKuliner tradisional di Indonesia sangat beragam salah satunya adalah makanan khas Sunda.

Makanan khas Sunda dikenal memiliki cita rasa yang gurih dan memiliki nama-nama unik yang mudah diingat.

Beberapa makanan khas Sunda tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga dunia. Inilah deretan makanan yang mendunia seperti :
1. Nasi Timbel
Nasi timbel atau dalam bahasa Sunda disebut sangu timbel adalah makanan khas Sunda berupa nasi yang dibungkus daun pisang dan di bakar sebagian. Tidak disebutkan secara jelas dari mana nasi timbel berasal, karena kuliner ini sudah di kenal hampir di seantero Jawa Barat.

Kisaran Harga

Baca Juga:Aplikasi Game Quiz Penghasil Uang Saldo DANA, Klik Disini Untuk Membuktikannya!Film A Man Called Otto Diperankan Tom Hanks, Simak Sinopsis dan Fakta Film Ini!

Harganya mulai dari Rp 20 ribu. Harga bisa berbeda-beda tergantung lauk yang dipilih konsumen karena menggunakan prasmanan.

2. Sate Maranggi

Sate maranggi tidak mungkin luput dari daftar makanan khas Sunda. Makanan asal Purwakarta ini menjadi warisan budaya tak benda (WBTB) yang di tetapkan oleh Kemdikbud pada 2018.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika bahkan menyebutkan, banyak orang rela datang jauh-jauh ke Purwakarta hanya untuk menyantap sate maranggi. “Sate ini memiliki cita rasa yang begitu kuat karena bumbu rendaman yang di pakai sebelum sate di bakar,” jelasnya.

Kisaran Harga

Sate maranggi biasanya di jual dengan harga Rp 25 ribu per porsinya, isi 10 tusuk.

3. Colenak

Colenak merupakan singkatan dari cocol enak. Dilansir situs Indonesia Kaya, makanan khas Sunda ini di buat dari tape singkong (peuyeum sampeu) yang di bakar, kemudian dihidangkan dengan saus gula merah campur parutan kelapa.

Proses pembakaran yang lama membuat peuyeum yang menjadi bahan dasar colenak bisa lebih tahan lama. Durasi pembakaran sendiri tidak perlu terlalu lama karena akan membuat peuyeum mudah gosong.

Kisaran Harga

Colenak biasanya di jual dengan harga mulai dari Rp 9.000.

4. Misro

Misro adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari parutan singkong. Mengutip situs Budaya Indonesia, bagian dalam misro di isi dengan gula merah, kemudian di goreng.

0 Komentar