Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Kegiatan Praktikum (Kasus Geografi Tanah)

Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Kegiatan Praktikum (Kasus Geografi Tanah)
0 Komentar

Oleh :

Arief Laksono, S.Pd.(Guru Geografi SMA Negeri 1 Petarukan,

Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah)

 

Kegiatan praktikum terutama untuk mata pelajaran geografi yang bersifat fisik atau obyek kajiannya fisik seperti Geografi Tanah, dimaksudkan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa karena mereka bisa melihat langsung obyek di permukaan bumi secara nyata. Disamping itu kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman materi pelajaran dan sekaligus dapat melakukan eksperiman.

Mengadakan suatu kegiatan praktikum bagi siswa SMA pada pembelajaran geografi memerlukan tantangan tersendiri. Tidak seperti halnya mata pelajaran lain di SMA yang mendapatkan fasilitas dan perhatian lebih baik dari sisi waktu yang dibutuhkan dan anggaran yang dipergunakan. Bagi mata pelajaran geografi merupakan hal yang tidak mudah, selain  materi yang disajikan terlalu banyak sehingga menyita waktu bagi guru untuk menerangkan materi secara keseluruhan, peluang bagi guru geografi untuk memberikan praktikum tentulah sirna.  Guru harus mempertimbangkan minat peserta didik yang hendak dijalani, pemberian praktikum tentu merupakan keniscayaan tersendiri. Salah satu contoh adalah praktikum geografi tanah. Pengamatan sampel tanah di suatu lokasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari materi Dinamika Litosfer pada semester 2 kelas X. Materi geografi pada semester 2 kelas X merupakan materi geografi di SMA pada masa paling padat bagi siswa SMA. Praktikum pada mata pelajaran geografi tentu tidak bisa disandingkan dengan praktikum pada zaman kuliah masa gurunya dulu menimba ilmu perkuliahan. Alat praktikum yang digunakan tentu juga jauh dari kata layak untuk anak SMA.

Era teknologi digital yang serba canggih seperti sekarang semua bakal terwujud. Pemberian materi secara konvensional bagi guru melalui metode berbicara tentu sudah ketinggalan zaman. Siswa kini lebih banyak memegang gadget yang dibawanya dari rumah tanpa ada larangan dari sekolah. Siswa bebas menggali informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai disiplin ilmu. Salah satunya adalah materi geografi,dimana dengan memanfaatkan gadget yang dibawa oleh siswa, praktikum geografi tanah bisa terwujud. Beberapa alat praktikum yang mungkin tidak tersedia seperti dibangku perkuliahan bisa siswa gali melalui internet. Diantaranya adalah untuk warna tanah Munsell yang memang harus ada booklet sebagai petunjuk dan hanya dapat disediakan di jenjang perguruan tinggi, bisa siswa dapatkan secara bebas dengan melihat di gadget. Kemudian untuk mengetahui tingkat keasaman tanah, yang memang seharusnya bisa diuji dengan alat seperti pH meter bisa siswa lihat di internet dengan melihat keterangan berkaitan dengan bahan induk tanah. Selain itu, seperti halnya pH tanah, kandungan Mn juga bisa siswa lihat dari internet.

0 Komentar