Sekda Subang Sebut Perencanaan Pembangunan Harus Sinkron dan Sinergi

Sekda Subang Sebut Perencanaan Pembangunan Harus Sinkron dan Sinergi
0 Komentar

SUBANG-Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H.Asep Nuroni, S.Sos, M.Si mengikuti sekaligus membuka forum konsultasi publik rancangan awal rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kabupaten Subang tahun 2024 melalui daring/zoom meeting bertempat di Rumah Dinas Sekretaris Daerah Kabupaten Subang pada Selasa (21/2).

Penyelenggaraan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Subang tahun 2024 adalah langkah awal dalam penyusunan dokumen perencanaan sesuai dengan yang telah diamanatkan oleh undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional pasal 20 ayat (2) kepala bappeda menyiapkan rancangan awal RKPD sebagai penjabaran dari RPJMD, penyusunan RKPD tahun 2024 mengacu kepada pada rencana pembangunan daerah (RPD) tahun 2024-2026.

Adapun penyusunan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024 berpedoman kepada rencana jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Subang tahun 2025-2026 dengan memperhatikan arah kebijakan pembangunan dan sasaran pokok tahap ke empat RPJPD (tahun 2019-2025) serta mengacu pada rencana pembangunan daerah Kabupaten Subang tahun 2024-2026.

Baca Juga:Pojokan 140, Mengunyah StrategiAplikasi Pinjaman Online Terbaik, Bisa Cair 800 Ribu, Legal Diawasi OJK, Cek di Sini!

Kang Asep Nuroni sapaan akrab sekretaris daerah menghaturkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggra dan para seluruh tamu undangan yang hadir pada zoom meeting tersebut. Dirinya berharap kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

Kang Asep Nuroni mengatakan, menjelaskan mengenai perumusan pembangunan harus dilakukan dengan pendekatan bottom-up dan top-down yang dimaksudkan terjadi proses penyelarasan perencanaan pembangunan melalui musyawarah yang dilaksanakan mulai dari desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional, sehingga tercipta sinkronisasi dan sinergi pencapaian sasaran rencana pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap bersatu dalam rangka mengawal kesinambungan jalannya pembangunan, dengan menempatkan kepentingan masyarakat diatas kepentingan sektor maupun masing-masing kelembagaan, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat sesuai dengan harapan kita semua,” jelasnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Hari Rubiyanto, S.STP., M.Si. dalam pemaparannya menjelaskan mengenai konsultasi publik. Ini dilaksanakan dalam rangka untuk memperoleh masukan terhadap penyempurnaan rancangan awal RKPD kabupaten subang tahun 2024 dengan pendekatan partisipatif dan teknokratik.

0 Komentar