SMKN 1 Pusakanagara Buka Program Baru Sambut Rebana

SMKN 1 Pusakanagara
PRAKTIK: Para siswa SMKN 1 Pusakanagara sedang melakukan praktik program keahlian Teknik Alat Berat. CINDY DESITA/PASUNDAN EKSPRES
0 Komentar

SUBANG-Sambut Pembangunan Kawasan Rebana di Pantura, SMKN 1 Pusakanagara siap jadi penunjang Pelabuhan Patimban. Kawasan Rebana di kawasan Pantura yang sedang dikembangkan, menjadi sebuah peluang bagi dunia pendidikan, salah satunya SMKN 1 Pusakanagara.

Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Erus Rusita mengatakan, SMKN 1 Pusakanagara membuka program keahlian baru, guna menyambut kawasan rebana khususnya Pelabuhan Patimban.

“Kami, kembali membuka dua program keahlian baru yakni Teknik Logistik dan Teknik Alat Berat, guna menyambut adanya industri Pelabuhan Patimban di wilayah Pantura,” ujarnya.

Baca Juga:Ganti Rugi Pengadaan Tanah Tol Patimban-Cipali Mulai MusyawarahPolisi Amankan 5 Oknum Pelajar SMK, Diduga Lakukan Percobaan Curas

Menurutnya, motivasi membuka program keahlian tersebut karena saat pembanguanan Pelabuhan Patimban tahap 1, banyak alat berat yang beroperasi. Sehingga pihak sekolah melibatkan para siswa untuk PKL di sana.
Ia juga menjelaskan, kompetesi keahlian teknik alat berat tersebut, baru bisa berjalan sampai bagi siswa kelas 1 dan kelas 2, dengan kurikulum yang berbeda.

“Saat ini, untuk kompetensi keahlian teknik alat berat untuk kelas 2 menggunakan kurikulum 2013, sedangkan untuk kelas 1 menggunakan kurikulum merdeka,” jelasnya.

Selain program keahlian Teknik Logistik dan Teknik Alat Berat, Ssekolah memiliki 5 program keahlian lainnya, yang sudah berjalan sejak tahun 2004. Antara lain, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Agribisnis Tanaman Pangan Hortikultura, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Bisnis Sepeda Motor, dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif.

Dengan jumlah siswa sebanyak 1.326 dan berdiri di lahan sebanyak kurang lebih 4 hektar, Rusita berharap, fasilitas sekolah dapat lebih lengkap guna mencetak generasi milenial yang berpotensi siap bersaing dengan kemajuan teknologi.

“Saya berharap alumni lulusan SMKN 1 Pusakanagara yang merupakan asli putra daerah, mampu bersaing secara sehat dan di serap oleh Pelabuhan Patimban,” katanya.(cdp/ery)

0 Komentar